Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Beriman pada Malaikat dan Makhluk Gaib selain Malaikat pada Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Kelas VII Di MTs Islamic Center Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020

Albab, Ahmad Ulil (2020) Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Beriman pada Malaikat dan Makhluk Gaib selain Malaikat pada Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Kelas VII Di MTs Islamic Center Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (343kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (488kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (364kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (570kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan penerapan metode pembelajaranJigsaw Learning dalam meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Beriman pada Malaikat dan makhluk gaib selain Malaikat pada Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Tahun Pelajaran 2019/2020,(2) untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan metode JigsawLearningdalam meningkatkan Pemahaman Siswa tentang beriman pada malaikat dan makhluk gaib selain malaikat pada Mata Pelajaran Akidah AkhlaqKelas VII MTs Islamic Center Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif.Data diperoleh menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian dan informandalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dan siswa kelas VII MTs Islamic Center Welahan Jepara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data Hasil dari penelitian ini, yaitu: 1) Penerapan metode pembelajaranJigsaw Learning dalam meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Beriman Kepada Malaikat dan Makhluk Gaib Selain Malaikat pada Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Kelas VII MTs Islamic Center Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020Tahun Pelajaran 2019/2020 dibagi menjadi tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, penutup. Pada tahap persiapan guru menyiapkan rancangan kegiatan pembelajaranyang akan dilakukan, pada tahap pelaksanaan ini kehiatan yang dilakukan yaitu pendahuluan, kegiatan inti, penutup. Pada tahap penutup guru akan mengulas kembali materi tentang beriman kepada malaikat dan makhluk gaib selain malaikat, kemudian guru melakukan evaluasi kepada siswa terkait materi yang telah dioelajari dengan metode jigsaw learning tersebut, setelah itu guru akan memotivasi agar lebih bersemangat dan giat dalam belajar(2) Faktor penghambat penerapan metode pembelajaran JigsawLearningdalam meningkatkan pemahaman siswa tentang Beriman Kepada Malaikat dan Makhluk Gaib Selain Malaikat pada Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Kelas VII MTs Islamic Center Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020 yaitu siswa kurang percaya diri kemampuan yang dimiliki, sikap kurang aktif dan pasif siswa. kurang terbiasanya siswa dengan metode Jigsaw Learning. waktu dalam pembelajaran yang relative lama. Sedangkan faktor pendukung penerapan metode pembelajaran JigsawLearningdalam meningkatkan pemahaman siswa tentang Beriman Kepada Malaikat dan Makhluk Gaib Selain Malaikat pada Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Kelas VII MTs Islamic Center Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020yaitukesiapan siswa dalam menerima pelajaran, manajemen kelas yang baik, referensi pembelajaran yang relevan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw Learning, Pemahaman Siswa, Akidah Akhlaq
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Jun 2021 01:51
Last Modified: 29 Jun 2021 01:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4615

Actions (login required)

View Item View Item