Model Supervisi Akademik Kepala Madrasah Di MA Al-Hikmah Perguruan Islam Al-Hikmah (Prima) Kajen Margoyoso Pati

ARIFIN, ZAINA (2020) Model Supervisi Akademik Kepala Madrasah Di MA Al-Hikmah Perguruan Islam Al-Hikmah (Prima) Kajen Margoyoso Pati. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (424kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (696kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui perencanaan model supervisi akademik kepala madrasah di MA Al-Hikmah Kajen Margoyoso Pati, 2) melihat implementasi model supervisi akademik kepala madrasah di MA Al-Hikmah Kajen Margoyoso Pati, 3) mengetahui evaluasi model supervisi akademik kepala madrasah di MA Al-Hikmah Kajen Margoyoso Pati, dan 4) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model supervisi akademik kepala madrasah di MA MA Al-Hikmah Kajen Margoyoso Pati. Penelitian ini termasuk field research dengan pendekatan kualitatif. Strategi pengambilan sampel dengan meunggunakan non propability sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : 1) Kepala madrasah MA AL HIKMAH MARGOYOSO PATI dalam penyusunan konsep program supervisi memperhatikan langkah-langkah sebagai berikut : a) Menentukan sasaran dan tujuan pelaksanaan supervise akademik, b) Menentukan tim supervisor, c) menentukan pendektan dan teknik supervise akademik, d) Membuat jadwal pelaksanaan supervise akademik, e) Membuat instrument supervise akademik. 2) Dalam pelaksanaan supervise akademik kepala madrasah dan tim supervisor di MA AL HIKMAH MARGOYOSO PATI menggunakan pendekatan langsung dan teknik individu. 3) Terdapat dua faktor pendukung dalam pelaksanaan supervise di MA AL HIKMAH MARGOYOSO PATI yaitu: a) faktor internal yakni kompetensi supervisi akademik kepala sekolah yang memadahi, dan b) faktor eksternal yaitu guru yang rata-rata sudah siap untuk disupervisi, dan kemampuan Kepala Madrasah dalam menciptakan pola hubungan yang baik dengan seluruh komponen sekolah. Terdapat juga dua faktor penghambat yaitu faktor internal yakni banyak guru yang tidak bersedia sebagai tim supervisor dan faktor eksternal yang meliputi: a) Adanya sarana penunjang yang kurang terpenuhi, b) Kurangnya waktu dalam pelaksanaan supervise akademik. 4) Supervise akademik yang dilakukan oleh kepala MA AL HIKMAH MARGOYOSO PATI berdampak positif kepada semua guru di antaaranya adalah meningkatkan kompetensi kepribadian guru, kompetensi social guru, kompetensi professional guru dan kompetensi pedagogic guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model, Supervisi akademik, Kepala Madrasah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Jul 2021 08:01
Last Modified: 12 Jul 2021 08:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4774

Actions (login required)

View Item View Item