Sholihah, Hidayatus (2019) Ta’tsir ta’lim al insha' litarqiah maharah al kitabah fii al mustawaa al ‘ulya bi al madrasah al diniyah lilbanat (MADIPU) tashwiqul thulaab salafiyah qudus fii al sanah al dirasiyah 2020/2019m. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (872kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (914kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (7MB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (3MB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (7MB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (633kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (955kB) |
Abstract
Pembelajaran insya di MADIPU merupakan suatu pelajaran yang sangat penting karena mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam ketarmpilan menulis bahasa arab. Selain itu, Dengan adanya pembelajarn insya’ ini pula diharapkan siswa dapat dengan mudah menulis dan merangkai kata menjadi sebuah kalimat dengan bahasa arab. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk meneliti sejauh mana pengaruh pembelajaran insya’ untuk meningkatkan keterampilan kitabah di MADIPU TBS Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun lokasi penelitian di Madrasah Diniyyah Putri (MADIPU) TBS yaitu di tingkatan Ulya. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalui metode: Observasi, Angket, Tes, dan Dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui Penerapan Pembelajaran Insya’ untuk meningkatkan Keterampilan Kitabah di Tingkatan Ulya di Madrasah Diniyyah Putri (MADIPU) TBS Kudus tahun pelajaran2019, 2) Untuk mengetahui prestasi keterampilan menulis siswa di Tingkatan Ulya di Madrasah Diniyyah Putri (MADIPU) TBS Kudus tahun pelajaran 2019, 3) Untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Insya’ untuk meningkatkan Keterampilan Kitabah di Tingkan Ulya di Madrasah Diniyyah Putri (MADIPU) TBS Kudus ahunpelajaran2019. Hasil dari penelitian ini, diketahui bahwa 1) Penerapan Pembelajaran Insya’ di Tingkatan Ulya di Madrasah Diniyyah Putri (MADIPU) TBS Kudus sudah berjalan sesuai teori dan memunculkan keterampilan siswa dalam menulis. Penerapan pembelajaran insya’ di tingkat ulya dapat menunjukkan hasil yang baik dengan kategori “Baik” yaitu sebesar 62 dan nilai tersebut termasuk pada rentang interval 60-69. 2) Keterampilan menulis siswa di Tingkatan Ulya di Madrasah Diniyyah Putri (MADIPU) TBS Kudus menunjukkan hasil yang baik dengan kategori “Baiksekali” yaitu sebesar 72,5 dan nilai tersebut termasuk pada rentang interval 72-80. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran insya dengan keterampilan kitabah di Madrasah Diniyyah Putri (MADIPU) TBS Kudus tahun pelajaran 2019/2020 dinyatakan diterima. Hal ini ditunjukkan dengan rhitung 0,68 > rtabel 0,349, dengan nilai koefesien determinasi sebesar 45% dan uji F diperoleh nilai koefisien Fhitung 25,35> Ftabel 4,17 dengan taraf kesalahan 5 % dan jumlah N = 32
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Pembelajaran Insya’, Keterampilan menulis |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 02:53 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:53 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5488 |
Actions (login required)
View Item |