Pengaruh Online Customer Review dan Customer Rating terhadap Minat Pembelian Pada Produk VeeBags di Online Marketplace Shopee

Yuanita, Kharisma (2021) Pengaruh Online Customer Review dan Customer Rating terhadap Minat Pembelian Pada Produk VeeBags di Online Marketplace Shopee. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (465kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (373kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (358kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (141kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (238kB)

Abstract

Untuk bisa mengikuti perkembangan jaman yang semakin pesat, kita juga harus mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat pula. Strategi pemasaran dapat dilakukan dengan menggunakan Online Customer Review maupun Customer Rating. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Online Customer Review dan Customer Rating terhadap keputusan pembelian pada produk VeeBags di online marketplace shopee secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif yang mana mengukur pengaruh Online Customer Review dan Customer Rating terhadap minat pembelian. Pengumpulan data dan infromasi dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada responden. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan secara langsung melalui pesan singkat WhatsApp pada 100 responden warga Kudus, Jawa Tengah pengguna online marketplace shopee. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, dan pengujian instrument menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji R2. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik menggunakan program olah data IBM SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Online Customer Review berpengaruh terhadap minat pembelian. Berdasarkan uji statistik nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar (8,520>1,98472) dengan taraf signifikansi lebih kecil dari nilai 0,05 yaitu 0,000. Sedangkan, Customer Review tidak berpengaruh terhadap minat pembelian. Berdasarkan uji statistik nilai t hitung hamper sama dengan t tabel yaitu sebesar (1,989 hampir sama dengan 1,98472) dengan taraf signifikansi yang sama dengan 0,000. Namun, Online Customer Review dan Customer Rating secara simultan berpengaruh terhadap minat pembelian pada produk VeeBags di online marketplace shopee. Karena, berdasarkan uji statistik diperoleh nilai f hitung lebih besar dari f tabel yaitu sebesar (82,240>3,04). Besarnya pengaruh tersebut ditunjukkan oleh besarnya nilai Ajusted R Square sebesar 0,621 yang berarti ada pengaruh sebesar 62,1% antara Online Customer Review dan Customer Rating terhadap minat pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Online Customer Review, Customer Rating, minat Pembelian.
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:41
Last Modified: 26 Oct 2021 03:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5567

Actions (login required)

View Item View Item