Salsabilla, Ananda (2021) Penerapan Evaluasi Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skill Dengan Aplikasi Quizizz Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Sistem Kekebalan Tubuh Peserta Didik Kelas XI MA NU Al-Hidayah Getassrabi Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (289kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (195kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (433kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (773kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (711kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (366kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (406kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan, hasil belajar, dan tingkat pengaruh Penerapan Evaluasi Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skill dengan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi Pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh Peserta didik Kelas XI MA NU Al-Hidayah Getas Srabi Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasy experiment, melalui penelitian di lapangan di MA NU Al-Hidayah Getassrabi Kudus. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA MA NU Al-Hidayah Getassrabi Kudus. Instrumen atau alat dalam penelitian ini adalah tes sebanyak 3 kali, yakni dua kali posttest dan ulangan harian. Data diperoleh dengan teknik pengumpulan datanya adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Penggunaan instrumen alat evaluasi berbasis High Order Thinking Skill dipilih untuk melatih kemampuan siswa berpikir kritis dan kreatif dalam pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian, mean hasil belajar siswa dengan kelas eksperimen 83,33 dan mean kelas kontrol 77,32. Pemberian evaluasi dengan aplikasi Quizizz dengan berbasis High Order Thinking Skill terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, dengan tingkat ketepatan yang paling tinggi pada soal level kognitif C4 sebesar 85,72%. Terdapat pengaruh pemberian evaluasi dengan aplikasi Quizizz yang berbasis High Order Thinking Skill terhadap hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan uji hipotesis yang menggunakan uji Independent Sample T-test terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data hasil Uji Independent Sample T-Test ini didapatkan bahwa nilai t hitung adalah 2,978 dan nilai t tabel sebesar 2,015 dengan df n-2. Oleh karena mean t hitung > t tabel (2,978>2,015), atau nilai t hitung= 2,978 terletak di luar range -2,015 sampai +2,015. Dengan demikian maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat Evaluasi, Penerapan Quizizz, High Order Thingking Skill. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Nov 2021 01:22 |
Last Modified: | 25 Nov 2021 01:22 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5984 |
Actions (login required)
View Item |