Sinergisme Catur Pusat Pendidikan dalam Upaya Penanaman Pendidikan Karakter (Studi Analisis Pemikiran K. H. Ahmad Dahlan)

Rahmawati, Anisa (2021) Sinergisme Catur Pusat Pendidikan dalam Upaya Penanaman Pendidikan Karakter (Studi Analisis Pemikiran K. H. Ahmad Dahlan). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (44kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (303kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (215kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (463kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (190kB)

Abstract

Penelitian ini adalah Studi Kepustakaan (Library research), dengan pendekatan studi tokoh yang mencoba menelaah pemikiran K.H. Ahmad Dahlan kaitannya dengan catur pusat pendidikan, yaitu empat komponen pendidikan yang dijadikan sebagai pusat pendidikan. Terdiri dari keluarga, sekolah, masyarakat dan masjid. Subyek penelitian ini adalah keluarga, sekolah, masyarakat, dan masjid sebagai empat pusat pendidikan.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi data-data yang terkait dengan subyek penelitian, meliputi penelitian terdahulu, buku-buku, jurnal, artikel, disertasi, tesis, dan sumber-sumber lainnya.Pengumpulan data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu tahap orientasi, tahap eksplorasi dan tahap studi terfokus. Setelah data penelitian terkumpul, peneliti menggunakan analisis data secara umum, meliputi tiga tahapan yaitu tahap deskriptif, analisis dan interpretatif.Data penelitian bersifat dokumentatif yaitu berupa fakta yang dinyatakan dengan kalimat.Adapun metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode deduktif-induktif yaitu digunakan menganalisis pemikiran-pemikiran K. H. Ahmad Dahlan dalam bidang pendidikan dari yang umum menjadi khusus, sehingga menghasilkan konsep catur pusat pendidikan. Hasil penelitian ini berupa cara mensinergikan catur pusat pendidikan dalam upaya penanaman pendidikan karakter, yaitu dengan menciptakan hubungan yang harmonis antara keempat komponen catur pusat pendidikan dan pemantapan peranan masing-masing komponen catur pusat pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Sinergisme, dan Catur Pusat Pendidikan
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Jan 2022 01:36
Last Modified: 13 Jan 2022 01:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6407

Actions (login required)

View Item View Item