Nuraini, Mina (2021) Pengaruh Model Make A Match Pada Pembelajaran PadBP Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV SD Tahfidz Roudlotul Qur’an Mranak Demak 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (180kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (79kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (94kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (270kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (284kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (401kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (184kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (80kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran make a match terhadap keaktifan belajar PAdBP siswa kelas IV SD Tahfidz Roudlotul Qur’an Mranak Demak Tahun Pelajaran 2020/2021 dan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran make a match terhadap keaktifan belajar PAdBP siswa kelas IV SD Tahfidz Roudlotul Qur’an Mranak Demak Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian digunakan ada populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Tahfidz Roudlotul Qur’an Mranak Demak yang berjumlah 23 siswa. Adapun teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu nonprobability sampling, nonprobability sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel, dalam teknik ini jenisnya sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan menjadi sampel, dan jenis ini sering digunakan apabila populasi relatif kecil, kurang dari 30 orang. Sehingga yang menjadi sampel adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Tahfidz Roudlotul Qur’an Mranak Demak yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner (angket), metode observasi dan metode dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model make a match terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PAdBP kelas IV di SD Tahfidz Roudhotul Qur’an Mranak Demak diketahui dari harga F_reg > F_tabel (21,004 > 4,325), signifikansi 0,023 < 0,05. Dan t hitung = 2, 217 > ttabel (0,05-23) =2,069. 2) Konstribusi pengaruh penerapan model make a match terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PAdBP kelas IV di SD Tahfidz Roudhotul Qur’an Mranak Demak sebanyak 22%, sedangkan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Make A Match, Pembelajaran PadBP, Keaktifan Belajar Siswa |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 02:20 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 02:20 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6483 |
Actions (login required)
View Item |