Penerapan Strategi Pembelajaran Active Learning Dengan Metode True Or False Dan Quiz Team Untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas Vii Mts Nu Matholibul Huda Kudus

Novitasari, Maya (2021) Penerapan Strategi Pembelajaran Active Learning Dengan Metode True Or False Dan Quiz Team Untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas Vii Mts Nu Matholibul Huda Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (391kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (466kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (541kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (478kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (631kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (353kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (527kB)

Abstract

Melihat permasalahan dalam dunia pendidikan yang mana akhir-akhir ini banyak peserta didik yang masih kurang dalam memahami materi ajar salah satunya pada mata pelajaran aqidah akhlak. Hal ini disebabkan oleh peserta didik yang masih kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar atau cara guru yang terlalu monoton, sehingga peserta didik menjadi kurang aktif ketika pembelajaran berlangsung. Maka guru harus memilih metode yang tepat untuk mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Adapun permasalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran active learning pada mata pelajaran aqidah akhlak dan apa saja faktor yang menjadi penghambat serta pendukung dalam penerapan strategi pembelajaran active learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif di MTs NU Matholibul HudaSoco. Subyek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru pengampu pembelajaran aqidah akhlak dan dua peserta didik kelas VII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Adapun analisis data metode deskriptif kualitatif yakni uraiannya dijelaskan pada gejala-gejala yang tampak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi pembelajaran active learning pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs NU Matholibul Huda Soco sudah dilaksanakan dengan baik dimana didalamnya terdapat komponen-komponen yang saling mempengaruhi satu sama lain. 2) Faktor pendukung dalam penerapan strategi active learning adalah, guru, media pembelajaran, dan kelengkapan kepustakaan. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya yaitu sulitnya menghadapi perbedaan siswa secara individu, sulitnya memilih metode yang tepat dengan materi pembelajaran, serta kesulitan dalam mengadakan evaluasi dan pengaturan waktu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi (strategy) belajar aktif (active learning) dan pembelajaran aqidah akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Mar 2022 07:19
Last Modified: 16 Mar 2022 07:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/6790

Actions (login required)

View Item View Item