Zumaroh, Linda Saniyatul (2022) Pengaruh Disposisi Matematis Siswa terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Tabung. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (267kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (481kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (639kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (917kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (804kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (593kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (462kB) |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika menjadi salah satu komponen penting yang harus dimiliki siswa dalam belajar matematika. Salah satu pendukung tingkat kemampuan tersebut menjadi baik diperlukan adanya sikap yang positif terhadap matematika seperti sikap percaya diri, keuletan, minat, semangat, terbuka, pantang menyerah, dan berpikir fleksibel dalam melaksanakan berbagai kegiatan dalam belajar matematika yang dapat disebut juga sebagai disposisi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yaitu: 1) bagaimana pengaruh disposisi matematis siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep pada materi tabung kelas IX di MTs NU Miftahul Falah? 2) Bagaimana pengaruh disposisi matematis siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi tabung kelas IX di MTs NU Miftahul Falah?. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh kelas IX H sebagai kelas uji coba instrumen dan kelas IX G sebagai kelas penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa soal uraian dan instrumen nontes berupa kuesioner. Adapun penelitian ini dilaksanakn di MTs NU Miftahul Falah Cendono Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan data yang telah dianalisis menggunakan uji korelasi product moment, analisis regresi linier sederhana, uji t dan uji MANOVA menunjukkan bahwa: pertama, disposisi matematis siswa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika sebesar 23.5%, dan dengan prediksi pengaruh peningkatan sebesar 44.3%. Kedua, disposisi matematis siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemecahan masalah matematika sebesar 63.8% dan dengan prediksi pengaruh peningkatan sebesar 157.5%. Ketiga, disposisi matematis siswa memiliki perbedaan pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika terlihat dari nilai sig. 0.000, dan hasil test between subject effect sebesar 2.471 (Y1) dan 18.814 (Y2) yang masing-masing nilainya < 0.05. Maka dapat disimpulkan bahwa disposisi matematis siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika pada materi tabunng di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disposisi Matematis Siswa, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 03:33 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 03:33 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7314 |
Actions (login required)
View Item |