Nikmah, Faizatun (2022) Pengembangan Booklet Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Problem Solving Skills Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (142kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (236kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (380kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (541kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (471kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (222kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (362kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui karakteristik booklet berbasis SETS pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP/MTs; 2) menganalisis kelayakan booklet berbasis SETS pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP/MTs; dan 3) menganalisis peningkatan problem solving skills peserta didik kelas VII SMP/MTs setelah diterapkan booklet berbasis SETS. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan 4-D yang meliputi tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini terbatas pada tiga tahap saja, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Desain uji coba yang digunakan yaitu one-group pretest-posttest. Subyek uji coba penelitian ini adalah guru IPA dan 25 peserta didik kelas VII MTs NU Maslakul Falah Undaan Kudus. Data diperoleh melalui angket kelayakan dan tes. Penelitian ini menghasilkan produk berupa booklet berbasis SETS (science, environment, technology, and society) pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan problem solving skills peserta didik kelas VII SMP/MTs. Hasil menunjukkan 1) Karakteristik produk yang dikembangkan sesuai dengan pembelajaran IPA kurikulum 2013. Booklet berukuran setengah A4 lanscape cetak dengan tampilan berwarna, dilengkapi gambar-gambar sebagai pendukung dengan susunan cover, pengantar materi, materi, kegiatan kelompok, penilaian, dan daftar pustaka. Materi sesuai kehidupan nyata dan menghubungkan sains dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat. 2) Kelayakan booklet diketahui dengan perolehan nilai validasi oleh ahli materi, ahli media, respon pendidik, dan peserta didik. Validasi materi diperoleh nilai 85.625% dengan kriteria baik, validasi media diperoleh nilai 96.125% dengan kriteria sangat baik, respon pendidik IPA diperoleh nilai 93.75% dengan kriteria sangat baik, dan respon peserta didik diperoleh nilai 87.4% dengan kriteria baik. 3) Kemampuan problem solving peserta didik setelah diterapkannya booklet berbasis SETS pada materi pencemaran lingkungan mengalami peningkatan, dan diperoleh nilai gain sebesar 79% dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Booklet, SETS (Science, Environment, Technology, and Society), Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 01:41 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 01:41 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7803 |
Actions (login required)
View Item |