Bustan Hamdan, Ahmad (2016) STUDI EKSPERIMEN ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONVENSIONAL BERBASIS MEDIA ICT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (STUDI PADA SISWA SMK AL-FALAH WINONG PATI KELAS X TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Masters thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
10. DAFTAR PSUTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran kooperatif berbasis media ICT pada mata pelajaran KKPI kelas X di SMK AL- FALAH Winong Pati, 2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran konvensional berbasis media ICT pada mata pelajaran KKPI kelas X di SMK AL-FALAH Winong Pati, 3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif berbasis media ICT dan yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional berbasis media ICT pada mata pelajaran KKPI kelas X di SMK AL-FALAH Winong Pati. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Lokasi penelitiannya adalah di SMK AL-FALAH Winong Pati tahun ajaran 2014/2015. Adapun populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK AL- FALAH Winong Pati tahun ajaran 2014/2015 semester 2, sejumlah 353 siswa yang terbagi menjadi 9 kelas. Pengambilan sampel didasarkan pada undian (simple random sampling). Sampel yang terpilih adalah kelas X Akuntansi B sebagai kelompok eksperimen dan kelas X TKJ B sebagai kelompok pembanding (kontrol). Metode penggumpulan data yaitu dengan wawancara dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-tes (independent sample two tails). Dari hasil analisis data dapat diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: Pertama, hasil analisis uji-t menunjukkan df sebesar 74 dan signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05) dengan t hitung -4,45 dan t tabel 1,992 (4,45 > 1,992). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan setelah perlakuan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif berbasis ICT. Kedua, hasil analisis uji-t menunjukkan df sebesar 76 dan signifikansi sebesar 0,013 (0,013 < 0,05) dengan t hitung -2.95 dan t tabel 1,991 (2.95 > 1,991). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan setelah perlakuan menggunakan strategi pembelajaran konvensional berbasis ICT. Ketiga, hasil analisis uji-t posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat diketahui nilai df sebesar 75 dan signifikansi sebesar 0,023 (0,023 < 0,05) dengan t hitung 2.17 dan t tabel 1,992 (2,17 > 1,992). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol dalam pembelajaran keterampilan komputer dan pengelolaan informasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi; Strategi kooperatif; Strategi konvensional; Media ICT |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Mar 2017 05:58 |
Last Modified: | 05 Mar 2017 05:58 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/792 |
Actions (login required)
View Item |