Ferawati, Indha (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DI MTS NU DARUL HIKAM KALIREJO UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
FILE 1 COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 4 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 5 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 6 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 7 BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 8 BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Model pembelajaran problem posing dan open ended adalah dua model pembelajaran berbasis kontruktivistik yang menuntut peserta didik untuk dapat memecahkan permasalahan dari persoalan yang diajukan sehingga dapat menumbuhkan kemampuan kognitif peserta didik. Skripsi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Adakah pengaruh antara model pembelajaran problem posing terhadap tingkat kemampuan kognitif peserta didik pada mapel SKI di MTs NU Darul Hikam? (2) Adakah pengaruh antara model pembelajaran open ended terhadap tingkat kemampuan kognitif peserta didik pada mapel SKI di MTs NU Darul Hikam? (3) Adakah pengaruh antara model pembelajaran problem posing dan open ended secara bersama-sama terhadap tingkat kemampuan kognitif peserta didik pada mapel SKI di MTs NU Darul Hikam?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing dan open ended terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada mapel SKI di MTs NU Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang diolah dengan statistik. Teknik pengumpulan data melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis menggunakan analisis regresi dan korelasi berganda. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik MTs NU Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus dengan 78 sampel responden. Analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa model pembelajaran problem posing dan open ended berpengaruh positif terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada mapel SKI . Hal ini dibuktikan dengan nilai Freg masing-masing sebesar 34,54 dan 78,14 lebih besar dibandingkan dengan Ftabel pada taraf signifikan 5% = 3,968 ( 34,54>3,968 dan 78,14>3,968). Sedangkan pengaruh model pembelajaran problem posing dan open ended secara bersama-sama terhadap kemampuan kognitif peserta didik memiliki Freg sebesar 47,34 yang lebih besar daripada Ftabel = 3,119 (47,34> 3,119) dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan diterima. Maka variabel X1 (model problem posing), dan variabel X2 (model open ended) berpengaruh signifikan terhadap variabel Y (kemampuan kognitif peserta didik) pada mapel SKI. Hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa besarnya pengaruh antara variabel X1 terhadap Y sebesar 31,2% Sedangkan pengaruh antara variabel X2 terhadap Y sebesar 50,7%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran problem posing; model pembelajaran open ended; kemampuan kognitif mapel SKI. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 12 Mar 2017 03:56 |
Last Modified: | 12 Mar 2017 03:56 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/798 |
Actions (login required)
View Item |