Assyahara, Maurizka (2022) Strategi Pengembangan Home Industry Kue Keciput Berbasis Pemberdayaan Masyarakat di Desa Demangan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (84kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (164kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (296kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (102kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (176kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (77kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA OK.pdf Download (83kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan home industry kue keciput berbasis pemberdayaan masyarakat di Desa Demangan yang dilakukan oleh pemilik usaha kue keciput sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas manajemen home industry kue keciput melalui penyusunan strategi usaha yang tepat dan akurat agar dapat mengembangkan home industry tersebut yang mana saat ini sudah terkenal karena cita rasanya yang tetap terjaga. Dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pengembangan home industry di Desa Demangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dengan beberapa informan yaitu : Kepala Desa Demangan, pemilik usaha keciput Barokah 78 dan konsumen keciput Barokah 78 dan dokumentasi foto tempat usaha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan home industry kue keciput berbasis pemberdayaan masyarakat menggunakan strategi pemberdayaan Arus Mikro dan Arus Mezzo di lakukan dengan cara Pertama, menjaga kualitas produk dengan tidak mengganti bahan baku seperti saat baru merintis usaha. Kedua, memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Ketiga, menawarkan harga bersaing. Keempat, perluasan dalam mempromosikan produk baik melalui mulut ke mulut atau dari media sosial. Faktor penghambat dan pendukung dalam pengembangan home industry kue keciput. Faktor penghambat nya tidak ada pelatihan pada tenaga kerja, variasi kue keciput yang sedikit, kurangnya pemasaran dan promosi. Faktor pendukungnya bahan baku yang mudah didapat, lokasi usaha yang strategis dan cita rasa kue yang khas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pengembangan, Home Industry, Pemberdayaan Masyarakat |
Subjects: | Sosial dan Budaya Islam > Masyarakat Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Produksi dan Industri |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 01:28 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 01:28 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8069 |
Actions (login required)
View Item |