ANALISIS PENGGUNAAN STRATEGI KWL (KNOW WANT TO KNOW LEARNED) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN EFEKTIVITAS MEMBACA DAN MOTIVASI MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MI NU MIFTAHUL HUDA 01 KARANGMALANG GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015

Khasanah, Siti (2017) ANALISIS PENGGUNAAN STRATEGI KWL (KNOW WANT TO KNOW LEARNED) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN EFEKTIVITAS MEMBACA DAN MOTIVASI MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MI NU MIFTAHUL HUDA 01 KARANGMALANG GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 Abstrak.pdf

Download (526kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (394kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
05 BAB II HASANAH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (426kB)
[img] Text
07 BAB IV KHASANAH.pdf

Download (4MB)
[img] Text
08 BAB V KHASANAH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kemampuan efektif membaca dan motivasi membaca al-Qur’an siswa di MI NU Miftahul Huda 01 Karangmalang Gebog Kudus tahun pelajaran 2015, 2) Untuk mengetahui penggunaan strategi KWL (Know Want to Know Learned) dalam meningkatkan kemampuan efektivitas membaca al-Qur’an siswa di MI NU Miftahul Huda 01 Karangmalang Gebog Kudus tahun pelajaran 2015, 3) Untuk mengetahui penggunaan strategi KWL (Know Want to Know Learned) dalam meningkatkan kemampuan efektivitas motivasi membaca al-Qur’an siswa di MI NU Miftahul Huda 01 Karangmalang Gebog Kudus tahun pelajaran 2015, 4) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penggunaan strategi KWL (Know Want to Know Learned) dalam meningkatkan kemampuan efektivitas membaca dan motivasi membaca al-Qur’an siswa di MI NU Miftahul Huda 01 Karangmalang Gebog Kudus tahun pelajaran 2015. Penelitian ini dilaksanakan di MI NU Miftahul Huda 01 Karangmalang Gebog Kudus. Jenis penelitian field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan informan adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, pelaporan data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah: 1) Kemampuan efektif membaca dan motivasi membaca al-Qur’an siswa di MI NU Miftahul Huda 01 Karangmalang Gebog Kudus tahun pelajaran 2015 bahwa siswa memperhatikan dan merespon dengan adanya materi yang diajarkan oleh guru sehingga siswa kelas V memiliki motivasi belajar yang baik, 2) Penggunaan strategi KWL (Know Want to Know Learned) dalam meningkatkan kemampuan efektivitas membaca al-Qur’an siswa di MI NU Miftahul Huda 01 Karangmalang Gebog Kudus tahun pelajaran 2015 yaitu saat dalam kegiatan belajar mengajar siswa memperhatikan keterangan dari guru, sebab dalam materi Al-Qur’an Hadis dalam pembelajarannya menggunakan beberapa metode yang dapat memudahkan siswa mudah memahami materinya. 3) Penggunaan strategi KWL (Know Want to Know Learned) dalam meningkatkan kemampuan efektivitas motivasi membaca al-Qur’an siswa di MI NU Miftahul Huda 01 Karangmalang Gebog Kudus tahun pelajaran 2015 yaitu guru dalam pembelajarannya menggunakan beberapa metode yang dapat memudahkan siswa mudah memahami materinya, sehingga membuat siswa semangat dan motivasi dalam belajar, 4) Faktor yang mempengaruhi penggunaan strategi KWL (Know Want to Know Learned) dalam meningkatkan kemampuan efektivitas membaca dan motivasi membaca al-Qur’an siswa di MI NU Miftahul Huda 01 Karangmalang Gebog Kudus tahun pelajaran 2015 adalah guru dapat menyediakan alat peraga, serta adanya siswa juga mengikuti pendidikan informal (TPQ) pada sore hari, adanya kerjasama antara guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga siswa dapat menerima keterangan dari materi yang disampaikan oleh guru yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Strategi KWL (Know Want to Know Learned); Kemampuan Membaca; Motivasi Membaca Al-Qur’an Siswa
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Mar 2017 05:52
Last Modified: 12 Mar 2017 05:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/814

Actions (login required)

View Item View Item