Muttaqiin, Moh. Ainul (2022) Rekonstruksi Strategi Pemasaran Kain Tenun Troso Dalam Meningkatkan Penjualan Di Era New Normal (Studi Kain Troso Pecangaan Jepara). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (584kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (409kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (962kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (776kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (651kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (560kB) |
Abstract
Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021 bahwa permasalahan utama yang di alami pelaku usaha adalah pemasaran. Desa Troso sebagai salah satu sentra pembuatan kain tenun di Jepara juga mengalami permasalahan dalam pemasaran yang berdampak pada menurunya penjualan kain tenun Troso. Tujuan penelitian ini adalah analisis mengenai rekonstruksi strategi pemasaran kain tenun Troso dalam meningkatkan penjualan. Menurut Kotler bahwa pemasaran berpijak pada tiga pilar yaitu profitabilitas, orientasi dan fokus pasar yang merujuk pada hsasil penjualan. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif dan sumber data dari wawancara dan observasi mengenai strategi pemasaran kain tenun Troso. Hasil penelitian ini adalah pengrajin dan pedagang kain tenun Troso masih banyak menggunakan strategi pemasaran secara offline, sehingga pengrajin dan pedagang mengalami penurunan penjualan dan manajemen pemasaran mengalami kesulitan dikarenakan sebagian besar kegiatan manusia secara online, termasuk jual beli. Berdasarkan data penelitian bahwa pengrajin dan pedagang kain tenun Troso dalam menentukan produk dan harga sesuai dengan kondisi bahan baku yang semakin mahal. Sedangkan tempat dan promosi yang dilakukan pengrajin dan pedagang kain tenun Troso masih mengandalkan media offline. Hasil analisis data penelitian ini adalah perlunya rekonstruksi startegi pemasaran karena konsumen sudah mulai berbelanja dengan media online akibat pandemi covid-19 sampai memasuki era new normal untuk meningkatkan penjualan kain tenun Troso. Sedangkan bentuk rekonstruksi pemasaran kain tenun Troso adalah menekankan pada tempat penjualan dan promosi dengan media online seperti marketplace serta memperbanyak promosi dengan membuat banyak konten mengenai kain tenun Troso agar menjangkau pasar yang lebih luas, sehingga berdampak pada meningkatnya penjualan kain tenun Troso.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Formulasi, Strategi Pemasaran, Kain Tenun Troso |
Subjects: | 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 06:46 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 06:46 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8601 |
Actions (login required)
View Item |