Dewi, Yuyun Kusuma (2022) Implementasi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Perkalian pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III MI Maslakul Falah Klaling Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (880kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (319kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (327kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (355kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (440kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (354kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (435kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (322kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan kemampuan perkalian pada mata pelajaran matematika kelas III MI Maslakul Falah Klaling Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. (2) faktor pendukung pada proses implementasi pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan kemampuan menghitung perkalian pada mata pelajaran matematika kelas III MI Maslakul Falah Klaling Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. (3) faktor penghambat pada proses implementasi pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan kemampuan menghitung perkalian pada mata pelajaran matematika kelas III MI Maslakul Falah Klaling Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini bersifat field research (penelitian lapangan), pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskrptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Hasil pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan kemampuan menghitung perkalian pada mata pelajaran matematika kelas III MI Maslakul Falah Klaling Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022 berdasarkan hasil penelitian bahwa kemampuan peserta didik dalam menghitung perkalian mengalami peningkatan, dengan jumlah 25 peserta didik, sebelum menggunakan pembelajaran CTL terdapat 19 peserta didik yang belum memahami materi perkalian setelah menggunakan pembelajaran CTL mengalami peningkatan menjadi 20 peserta didik yang sudah memahami materi perkalian yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari, dan 5 peserta didik yang belum memahami materi perkalian. 2. Faktor pendukung terdapat tujuh faktor yaitu : a. Fasilitas yang memadai pelaksanaannya pembelajaran CTL lembaga pendidikan guna menyediakan sarana dan fasilitas guna kebutuhan belajar dam meningkatkan kemampuan menghitung perkalian. b. Menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif dan faktual. c. Pembelajaran lebih bermakna, sehingga peserta didik dapat memahami materi dengan membuat hubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari. d. Adanya perhatian dan motivasi yang diberikan guru oleh peserta didik. e. Peserta didik mudah memahami apa yang dijelaskan oleh guru. f. Adanya media sehingga tidak membosankan pada kegiatan belajar mengajar, memudahkan peserta didik guna tertarik dan menerima pembelajaran. g. Guru mempunyai sikap yang lebih berkomunikasi secara terbuka dan penuh humor dengan peserta didik dan berikan contoh yang baik. 3. Faktor penghambat terdapat tiga faktor yaitu: a. Keterbatasan waktu pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran CTL yang singkat sehingga membuat belajar terganggu dan pengambilan jam pelajaran lain. b. Anak kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran karena ada peserta didik yang kesulitan menghitung, sehingga anak hanya diam diri pada saat diskusi kelompoknya. c. Beberapa peserta didik sangat bosan sehingga tidak memperhatikan pembelajaran saat guru menjelaskan materi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran CTL, Kemampuan Menghitung Perkalian, Matematika |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 01 Mar 2023 02:09 |
Last Modified: | 01 Mar 2023 02:09 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8816 |
Actions (login required)
View Item |