Keefektifan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Integrasi Sains Dan Islam Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Di MA NU Al-Hidayah

Ni’mah, Jannatun (2022) Keefektifan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Integrasi Sains Dan Islam Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Di MA NU Al-Hidayah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (694kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (413kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (413kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (312kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran guided inquiry berbasis integrasi sains dan islam pada materi sistem pernapasan manusia di MA NU Al Hidayah. (2) untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa pada materi sistem pernapasan manusia di MA NU Al Hidayah. (3) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran guided inquiry berbasis integrasi sains dan islam terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem pernapasan manusia di MA NU Al Hidayah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasy exsperimental). Desain quasy experimental yang digunakan yaitu “pretest-posttest control group design”. Penelitian ini menggunakan dua kelompok, yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling. Adapun teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan penilaian tes keterampilan proses sains siswa. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu uji pendahuluan, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan keterlaksanaan sintaks guided inquiry berbasis integrasi sains dan islam sebesar 89,26% yang termasuk kategori sangat baik. Hasil penelitian ini juga didukung dengan hasil rata-rata nilai keterampilan proses sains siswa yaitu sebesar 84,01 yang termasuk kategori sangat tinggi. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,016. Hasil tersebut menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Dengan nilai t hitung yang lebih besar daripada t tabel (2,480>0,0678). Dengan demikian, H1 diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran guided inquiry untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa di MA NU Al-Hidayah. Oleh karena itu model pembelajaran guided inquiry berbasis integrasi sains dan islam efektif meningkatkan keterampilan proses sains siswa di MA NU Al-Hidayah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guided Inquiry Berbasis Integrasi Sains Dan Islam, Keterampilan Proses Sains Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Mar 2023 02:43
Last Modified: 03 Mar 2023 02:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8854

Actions (login required)

View Item View Item