Ilmi, Yusroh (2022) Analisisi Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Bisnis ditinjau dari Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus pada CV Mubarokfood Cipta Delicia Di Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (312kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (275kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (363kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (471kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (372kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (706kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (327kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (312kB) |
Abstract
Marketing syariah adalah sebuah disiplin startegi bisnis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan perubahan nilai dari seorang inisiator kepada stakeholder sesuai dengan akad serta prinsip-prinsip Al-Qur’an dan Hadits. Tujuan pemasaran adalah untuk mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Jenang merupakan makanan khas Kota Kudus yang menjadi incaran para wisatawan asing dari luar kota yang dijadikan sebagai oleh-oleh dalam kunjungan mereka ke Kota Kudus, sehingga banyak sekali wirausahawan menjalankan bisnis yang sama. Dengan hal tersebut, perlu adanya strategi yang tepat dan tentunya terpenuhi kebutuhan yang paling mendasar dan paling pokok dari pemasaran yaitu kejujuran, moral, dan etika dalam bisnis yang tercermin dalam karakteristik dari marketing syariah agar dapat menarik perhatian konsumen serta mampu memenangkan persaingan bisnis yang begitu ketat. Tujuan penelitian untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan CV Mubarokfood Cipta Delicia dalam menghadapi persaingan bisnis ditinjau dari perspektif marketing syariah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer dan sekunder yang didapat dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan CV Mubarokfood Cipta Delicia dalam menghadapi persaingan bisnis menerapkan unsur strategi pemasaran yang terdiri dari segmentasi pasar, targeting, dan positioning dan menerapkan unsur taktik pemasaran yakni bauran pemasaran yang terdiri dari empat unsur (product, place, price, dan promotion). Ditinjau dari perspektif marketing syariah, mencakup empat karakteristik marketing syariah dalam menghadapi persaingan bisnis yang diterapkan CV Mubarokfood Cipta Delicia adalah theistis (rabbaniyah) yaitu ketuhanan yang meyakini bahwa Allah SWT yang maha melihat segala kegiatan, jujur dalam menyampaikan informasi mengenai produk, etis (akhlakiyah) yaitu etika dalam bisnis yang diajarkan Rasulullah SAW yakni dengan berpelaku baik, bersikap adil dan bekerja secara profesional, realistis (al-waqi’iyyah) yaitu penentuan harga yang proporsional, berpenampilan yang bersih dan bersahaja dalam segala aktivitas pemasaran dan humanistis (kemanusiaan) yaitu tidak mengambil keuntungan yang berlebih dengan menghalalkan segala cara dan ramah kepada pelanggan, menyediakan fasilitas berupa tempat duduk untuk pelangan beristirahat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Persaingan Bisnis, Strategi Pemasaran, Marketing Syari’ah | ||||||
Subjects: | 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran |
||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 17 Mar 2023 02:13 | ||||||
Last Modified: | 17 Mar 2023 02:13 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9302 |
Actions (login required)
View Item |