Sari, Sayyidah Rahma (2022) Eksperimentasi Strategi Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Media Video Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Peserta didik SMP Negeri 1 Kalinyamatan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (228kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (254kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (424kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (301kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (680kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (188kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar peserta didik masih tergolong rendah, dimana peserta didik belum mampu mengungkapkan ide-ide matematis, mengalami kesulitan mengerjakan soal uraian, belum memiliki inisiatif belajar sendiri. Kemampuan komunikasi matematis yang rendah diperkuat dengan nilai ujian peserta didik yang masih belum mencapai KKM sebanyak 67,56%. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran flipped classroom lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori di SMP Negeri 1 Kalinyamatan, 2) untuk mengetahui apakah kemandirian belajar peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran flipped classroom lebih baik daripada kemandirian belajar peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori di SMP Negeri 1 Kalinyamatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental design dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kalinyamatan Jepara dengan populasi kelas VII sebanyak 225 peserta didik. Sampel yang diambil adalah dua kelas yang terdiri dari kelas VII C sebanyak 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebanyak 28 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dimana kedua kelas tersebut sama-sama memiliki peserta didik dengan kecerdasan yang bervariasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji mann whiteney dan uji cohen’s. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran flipped classroom berbasis media video interaktif lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Hal ini dibuktikan dengan uji mann whiteney diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,002, dimana sig (2-tailed) kurang dari 0,05. Sehingga H_0 ditolak atau H_a diterima. Selanjutnya untuk besar pengaruh, dihitung menggunakan uji cohen’s dan diperoleh nilai sebesar 0,938 dengan kriteria large. 2) Kemandirian belajar peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran flipped classroom berbasis media video interaktif lebih baik daripada kemandirian belajar peserta didik yang menggunakan strategi ekspositori. Hal ini dibuktikan dengan uji mann whiteney diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,005, dimana sig (2-tailed) kurang dari 0,05. Sehingga H_0 ditolak atau H_a diterima. Selanjutnya untuk besar pengaruh, dihitung menggunakan uji cohen’s dan diperoleh nilai sebesar 0,96 dengan kriteria large.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Flipped Classroom Berbasis Media Video Interaktif, Kemampuan Komunikasi Matematis, dan Kemandirian Belajar | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 24 Mar 2023 01:57 | ||||||
Last Modified: | 24 Mar 2023 01:57 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9403 |
Actions (login required)
View Item |