, Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Pencemaran Lingkungan dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Pola Hidup Sehat Siswa SMA Negeri 1 Kayen

Nuriawati, Asti Putri (2023) , Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Pencemaran Lingkungan dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Pola Hidup Sehat Siswa SMA Negeri 1 Kayen. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (539kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (640kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (558kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (622kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (281kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (566kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan hasil belajar dan sikap pola hidup sehat siswa kelas X SMA Negeri 1 Kayen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dan desain penelitian menggunakan post-test only control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Sampel yang digunakan sebanyak 72 siswa yaitu 36 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 36 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes, angket dan dokumentasi. Hasil yang telah didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t independen. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t independen menunjukkan hasil bahwa nilai t hitung sebesar 2,290 dan t tabel sebesar 1,994, sehingga hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dibanding dengan nilai t tabel yang berarti signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PjBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kemudian berdasarkan hasil analisis angket sikap pola hidup sehat siswa didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibanding dengan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu pada kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata 81,01%, sedangkan kelas kontrol mendapat nilai rata-rata sebesar 74,55%. Hal tersebut menunjukkan bahwa kelas eksperimen dengan model pembelajaran PjBL siswa lebih sadar dan peka terhadap kebersihan diri serta lingkungan. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning efektif dalam meningkatkan sikap pola hidup sehat siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJalil, MuhamadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pencemaran Lingkungan, Pengetahuan, Sikap Pola Hidup Sehat
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 May 2023 03:10
Last Modified: 15 May 2023 03:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9975

Actions (login required)

View Item View Item