تأثير دوافع الطلاب في تعلم اللغة العربية على مهارة القراءة في مدرسة نهضة العلماء سلافية المتوسطة الإسلامية دماك

‘Uyun, Qurrotul (2023) تأثير دوافع الطلاب في تعلم اللغة العربية على مهارة القراءة في مدرسة نهضة العلماء سلافية المتوسطة الإسلامية دماك. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (355kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (331kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (528kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (436kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (483kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (352kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)

Abstract

Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting bagi siswa, terutama saat belajar bahasa arab. Dalam suatu pembelajaran, terdapat siswa yang tidak lepas dari permasalahan, salah satu faktor yang mempengaruhi adalah motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh motivasi belajar bahasa arab terhadap keterampilan membaca siswa kelas VII-C di MTs NU Salafiyah Demak. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs NU Salafiyah Demak. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII-C sebanyak 25 siswa. Metode analisa data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Metode angket ditunjukkan kepada siswa untuk mendapatkan data tingkat motivasi belajar bahasa arab siswa dan metode tes digunakan untuk mendapatkan data tingkat keterampilan membaca siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara motivasi belajar bahasa arab (X) terhadap keterampilan membaca siswa (Y) dengan melihat hasil perhitungan nilai t hitung diperoleh sebesar 5,967 > dari t tabel sebesar 2,069 atau taraf signifikansi sebesar 0,05 < 0,000 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Pengaruh motivasi belajar bahasa arab siswa terhadap keterampilan membaca tergolong cukup kuat, yaitu 72,1% , dan sisanya dipengaruhi oleh variabel bebas sebesar 27,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlfian, Muhammad IvanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Bahasa Arab, Keterampilan Membaca
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 May 2023 07:01
Last Modified: 17 May 2023 07:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10011

Actions (login required)

View Item View Item