Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Home Room Dalam Mengatasi Masalah Religiusitas Siswa Kelas X Ma Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus

Huda, Nuril (2022) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Home Room Dalam Mengatasi Masalah Religiusitas Siswa Kelas X Ma Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (568kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (300kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (722kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (848kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (551kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (702kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (199kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (329kB)

Abstract

Masalah religiusitas siswa merupakan masalah yang berkaitan dengan akidah, akhlak dan fikih yang dialami seseorang ketika hendak mengubah perilaku yang baik. Kurangnya informasi yang diberikan sekolah kepada siswa tentang religiusitas siswa melemahkan pemahaman siswa tentang religiusitas siswa, yang merupakan hal yang umum dilakukan siswa di sekolah ketika mereka menerapkannya. Layanan informasi memerlukan terobosan baru yang lebih kreatif untuk mengatasi permasalahan religiusitas mahasiswa yaitu layanan informasi kelompok dengan menggunakan teknologi Hom eroom. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik homeroom pada siswa kelas X MA Raudlatut Tholibin Sidomulyo. 2) Untuk mengetahui tingkat religiusitas siswa kelas X MA Raudlatut Tholibin Sidomulyo. 3) Untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik homeroom dalam mengatasi masalah religiusitas siswa kelas X MA Raudlatut Tholibin Sidomulyo. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Quasi Ekpsperiment dengan desain pre post control grup desain. Sampel dalam penelitian berjumlah 57 peserta didik sampel dipilih menggunakan cluster sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket masalah religiusitas, wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Instrumen penelitian menggunakan model Skala Likert, kemudian dianalisis menggunakan t-test dengan SPSS versi 16. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka hasil hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, karena hasil analisis uji t thitung <; t-tabel dengan α = 0,05, dengan hasil yang diperoleh < 0,00; 0,05 menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknologi kelas berpengaruh dalam mengatasi masalah keagamaan siswa kelas X MA Raudlatut Tholibin Sidomulyo. Diketahui bahwa penurunan perilaku kebosanan belajar diperoleh dari data rata-rata kelas referensi dan tes. Data kelas kontrol menunjukkan rata-rata 73% lebih banyak dari kelas eksperimen dengan skor rata-rata 59%. Dengan kekuatan tinggi 0,756, ini merupakan katarsis yang penting. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok teknik Home room dalam mengatasi masalah religiusitas siswa kelas X MA Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetyawan, David AriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan Konseling Kelompok, Teknik Homeroom, Religiusitas Siswa.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:38
Last Modified: 12 Jul 2023 01:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10529

Actions (login required)

View Item View Item