Huda, Nuril (2022) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Home Room Dalam Mengatasi Masalah Religiusitas Siswa Kelas X Ma Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (568kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (300kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (722kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (848kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (551kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (702kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (199kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (329kB) |
Abstract
Masalah religiusitas siswa merupakan masalah yang berkaitan dengan akidah, akhlak dan fikih yang dialami seseorang ketika hendak mengubah perilaku yang baik. Kurangnya informasi yang diberikan sekolah kepada siswa tentang religiusitas siswa melemahkan pemahaman siswa tentang religiusitas siswa, yang merupakan hal yang umum dilakukan siswa di sekolah ketika mereka menerapkannya. Layanan informasi memerlukan terobosan baru yang lebih kreatif untuk mengatasi permasalahan religiusitas mahasiswa yaitu layanan informasi kelompok dengan menggunakan teknologi Hom eroom. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik homeroom pada siswa kelas X MA Raudlatut Tholibin Sidomulyo. 2) Untuk mengetahui tingkat religiusitas siswa kelas X MA Raudlatut Tholibin Sidomulyo. 3) Untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik homeroom dalam mengatasi masalah religiusitas siswa kelas X MA Raudlatut Tholibin Sidomulyo. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Quasi Ekpsperiment dengan desain pre post control grup desain. Sampel dalam penelitian berjumlah 57 peserta didik sampel dipilih menggunakan cluster sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket masalah religiusitas, wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Instrumen penelitian menggunakan model Skala Likert, kemudian dianalisis menggunakan t-test dengan SPSS versi 16. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka hasil hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, karena hasil analisis uji t thitung <; t-tabel dengan α = 0,05, dengan hasil yang diperoleh < 0,00; 0,05 menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknologi kelas berpengaruh dalam mengatasi masalah keagamaan siswa kelas X MA Raudlatut Tholibin Sidomulyo. Diketahui bahwa penurunan perilaku kebosanan belajar diperoleh dari data rata-rata kelas referensi dan tes. Data kelas kontrol menunjukkan rata-rata 73% lebih banyak dari kelas eksperimen dengan skor rata-rata 59%. Dengan kekuatan tinggi 0,756, ini merupakan katarsis yang penting. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok teknik Home room dalam mengatasi masalah religiusitas siswa kelas X MA Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Layanan Konseling Kelompok, Teknik Homeroom, Religiusitas Siswa. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2023 01:38 | ||||||
Last Modified: | 12 Jul 2023 01:38 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10529 |
Actions (login required)
View Item |