تطبيق طريقة التكرار في تعليم حفظ المفردات العربية لدى الطلاب بالمدرسة المتوسطة الاسلامية نهضة العلماء الفلاح تانجونج رجا جكولا قدس للعام الدراسى 2021-2022م

Mabaya, Addil Haq (2023) تطبيق طريقة التكرار في تعليم حفظ المفردات العربية لدى الطلاب بالمدرسة المتوسطة الاسلامية نهضة العلماء الفلاح تانجونج رجا جكولا قدس للعام الدراسى 2021-2022م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode tikrar dalam pembelajaran menghafal kosa kata bahasa Arab di MTs NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus, untuk mengetahui efektivitas penerapan metode tikrar dalam pembelajaran menghafal kosa kata bahasa Arab di MTs NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus serta untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan penerapan metode tikrar dalam pembelajaran menghafal kosa kata bahasa Arab di MTs NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus Tahun Ajaran 2021/2022 M. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pola penelitian deskriptif-kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan yaitu secara Induktif, berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penilitian ini menunjukan bahwa: (1) penerapan metode tikrar dalam pembelajaran menghafal mufradat bahasa Arab terdapat 3 langkah, yaitu: persiapan, penerapan dan penutup. Tahap persiapan adalah kegiatan guru sebelum memulai pelajaran. Adapun tahap penerapan adalah proses penerapan metode tikrar yang terdiri dari: guru memberikan kosakata dan mengucapkan kosata tersebut, kemudian siswa menirukan, kegiatan tersebut dilakukan secara berulang ulang sampai tiga kali secara bersama-sama, kemudian guru meminta siswa menghafalkan kosakata tersebut, kemudian di hafalkan didepan guru. Sedangkan pada kegiatan penutupan, guru melakukan evaluasi dan mengakhiri kegiatan pembelajaran. (2) kekurangan penerapan metode tikrar dalam pembelajaran menghafal mufradat bahasa Arab yaitu membutuhkan tenaga ekstra dan membutuhkan waktu yang lama. Adapun kelebihannya yaitu mempercepat hafalan, menjadikan hafalan lebih mengakar dalam ingatan, dan membuat siswa aktif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBachtiar, EdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Tikrar, Pembelajaran Mufrodat, Menghafal Mufradat
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:53
Last Modified: 14 Jul 2023 03:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10560

Actions (login required)

View Item View Item