فعالية استخدام طريقة الكتابة التعاونية لترقية مهارة الكتابة في تعليم اللغة العربية لدى طلاب الفصل العاشر باالمدرسة الثانوية الإسلامية أبدية فاطي للسنة دراسية 2022/2023 م

Al’arif, Irza Maulana (2023) فعالية استخدام طريقة الكتابة التعاونية لترقية مهارة الكتابة في تعليم اللغة العربية لدى طلاب الفصل العاشر باالمدرسة الثانوية الإسلامية أبدية فاطي للسنة دراسية 2022/2023 م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover dll.pdf

Download (510kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (335kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (172kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (502kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (647kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (494kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (739kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (262kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (334kB)

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti akan menentukan metode baru untuk meningkatkan keterampilan menulis dalam pengajaran bahasa Arab , yang merupakan gaya penulisan kolaboratif dalam keterampilan menulis. Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan dalam mempelajari bahasa Arab. Keterampilan menulis adalah keterampilan untuk mengungkapkan suatu gagasan secara tertulis dan memahami maknanya. Collaborative Writing Method adalah teknik menulis instruksional yang memungkinkan siswa bekerja sama, baik berpasangan atau berkelompok, untuk menghasilkan tulisan yang baik. Siswa harus bekerja sama untuk menghasilkan kebaikan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan tes T-NGain Score yang digunakan untuk mengetahui keefektifan peningkatan metode collaborative writing terhadap keterampilan menulis siswa kelas X di Madrasah Aliyah Abadiyah Pati. Dan hasil dari penelitian ini, Ha diterima dan Ho tidak diterima berdasarkan hasil analisis skor NGain menunjukkan 66% yang kemudian disesuaikan dengan tabel tingkat keefektifan untuk menghitung skor NGain yang termasuk dalam kelas metode tersebut. yang diterapkan cukup efektif untuk pembelajaran bahasa Arab pada keterampilan menulis kelas sepuluh. Hasil Pada perhitungan ini terdapat perbedaan efektifitas antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berdasarkan tabel output Independent Samples Test, diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keefektifan metode yang digunakan dalam collaborative writing terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlfian, Muhammad IvanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode, Keterampilan Menulis, Collaborative Writing
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:58
Last Modified: 31 Jul 2023 03:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10746

Actions (login required)

View Item View Item