Supervisi Kepalla Madrasah dallalm Meningkaltkaln Kinerjal Guru di Madrasah Ibtidaiyyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah Kudus

Wianto, Noor (2023) Supervisi Kepalla Madrasah dallalm Meningkaltkaln Kinerjal Guru di Madrasah Ibtidaiyyah NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah Kudus. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (359kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (619kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (788kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (525kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (774kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (307kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencalnalan supervisi kepala Madrasah dalam meningkaltkaln kinerjal guru di MI NU TBS Kudus, 2) LPelalksalnalaln supervisi kepala Madrasah dalam meningkaltkaln kinerjal guru di MI NU TBS Kudus, (3) Dalmpalk dalri supervisi kepala Madrasah dalam meningkaltkaln kinerjal guru di MI NU TBS Kudus. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yakni jenis penelitian yang temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya, tapi dengan menggunakan paradigma naturalistik, yaitu penelitian yang dilaksanakan dalam konteks natural atau wajar, yang kemudian dapat memberikan kejelasan terhadap kenyataan atau realitas. Lokasi penelitian di MI NU TBS Kudus sebagai sumber data untuk mendapatkan potret supervisi kepallal Madrasah dallalm meningkaltkaln kinerjal guru di madrasah tersebut. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa temuan terkait dengan peran supervisi kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI NU TBS Kudus: 1) Supervisi guru sebagai faktor penentu: Penelitian menemukan bahwa perencanaan supervisi kepala Madrasah memiliki dampak positif terhadap kegiatan supervisi guru. Pelaksanaan supervisi ini tidak mengganggu kegiatan lain yang masih berkaitan dengan Madrasah. Selain itu, di Madrasah ini, fokus tidak hanya pada pembelajaran, tetapi juga pada kegiatan yang berhubungan dengan Madrasah TBS secara keseluruhan. Perencanaan ini bertujuan agar semua guru tetap saling berpartisipasi dalam pembelajaran meskipun di bawah pengawasan, dan tetap memiliki ruang untuk mengembangkan inisiatif yang relevan. Oleh karena itu, supervisi dapat terjadi tanpa mengganggu kegiatan sehari-hari; 2) Pelaksanaan supervisi berkelanjutan: Kepala Madrasah sering melakukan kunjungan dan observasi di setiap kelas. Selain itu, kepala Madrasah selalu berjalan-jalan dan melihat ke dalam kelas yang belum diajar oleh guru. Hal ini merupakan strategi kepala Madrasah untuk memahami kondisi pembelajaran di setiap kelas. Jika ada masalah atau kesalahan yang terjadi dari guru yang melaksanakan kegiatan, kepala Madrasah tidak langsung menegur, tetapi mendengarkan terlebih dahulu masalah yang dihadapi guru tersebut kemudian memberikan pengarahan, motivasi, dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Pendekatan ini bertujuan untuk mendukung pengembangan lembaga pendidikan. Selain itu, untuk meningkatkan kinerja guru, Madrasah memberikan kesempatan untuk mengikuti kuliah sesuai jurusan dan memperdalam materi yang ditekuni guna mendukung kegiatan pembelajaran; 3) Dampak supervisi kepala Madrasah: Guru di MI NU TBS Kudus dapat melaksanakan pembelajaran dengan maksimal dan efektif, serta mengoptimalkan penggunaan teknologi, pelatihan guru, dan pengalaman pribadi dalam meningkatkan kinerjanya. Mereka juga mengikuti aturan yang berlaku sesuai dengan tanggung jawab masing-masing guru, terutama dalam menjalankan dedikasi mereka yang tinggi terhadap tujuan menjadi guru. Kinerja guru meningkat melalui pengelolaan pembelajaran yang baik, manajemen pembelajaran yang efektif, dan pengelolaan kelas yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasturin, MasturinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Supervisi Kepala Madrasah dan Kinerja Guru.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 03:59
Last Modified: 21 Oct 2023 03:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11099

Actions (login required)

View Item View Item