Problematika Penggunaan Kamus Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Pada Santri di Pondok Pesantren Al-Hanafiyah Kauman Jekulo Kudus 2022/2023.

Mahfudl, Sahal (2023) Problematika Penggunaan Kamus Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Pada Santri di Pondok Pesantren Al-Hanafiyah Kauman Jekulo Kudus 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (759kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (256kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (250kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (465kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (646kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (466kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (794kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (296kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (366kB)

Abstract

Pembelajaran kosakata secara umum di Indonesia menggunakan metode ceramah dan menghafal dengan menggunakan kamus cetak. Keberadaan kamus arab online saat ini lebih memudahkan dan sangat membantu dalam pembelajaran kosakata dan telah digunakan dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Hanafiyah Kauman Jekulo Kudus yang mana dalam prakteknya terdapat problematika tersendiri. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui bagaimana penggunaan kamus Arab online terhadap penguasaan kosa kata bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Hanafiyah Jekulo Kauman Kudus. 2) Mengetahui problematika penggunaan kamus Arab online terhadap penguasaan kosa kata di Pondok Pesantren Al-Hanafiyah Jekulo Kauman Kudus. 3) Mengetahui solusi dari problematika penggunaan kamus Arab online di Pondok Pesantren Al-Hanafiyah Jekulo Kauman Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah pengasuh pondok, sie. pendidikan, guru bahasa Arab dan santri di Pondok Pesantren Al-Hanafiyah Jekulo Kauman Kudus tahun ajaran 2022/2023. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya untuk analisis data yaitu reduksi data, display data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pembelajaran kosakata di Pondok Pesantren Al-Hanafiyah Jekulo Kauman Kudus dilakukan dengan berbagai tahapan meliputi persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Problematika yang dihadapi meliputi faktor internal yaitu dari siswa tidak mengetahui asal kata dan kurang mampu dalam penerjemahan; Adapun faktor external yaitu dari sinyal yang lemah dan data aplikasi yang terlalu besar. 3) Solusi untuk mengatasi faktor penghambat penguasaan kosakata dalam pembelajaran bahasa Arab siswa ialah guru memberi perhatian tersendiri pada siswa melalui pelajaran tambahan sorogan. Untuk sinyal pondok meyediakan wifi gratis dan untuk aplikasi kamus Arab online yang terlalu besar guru menggunakan laptopnya dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuflihah, MuflihahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kamus Arab Online, Kosakata, Metode, Penerapan, Penguasaan
Subjects: Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 05:02
Last Modified: 21 Oct 2023 05:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11145

Actions (login required)

View Item View Item