استخدام الوسائل التعليمية لتعليم اللغة العربية في برنامج البيئة اللغوية بمعهد الأقصى الحديث لتحفيظ القرآن بقدس للسنة الدراسية 2022/2023 م

Setiani, Tyas Eris (2023) استخدام الوسائل التعليمية لتعليم اللغة العربية في برنامج البيئة اللغوية بمعهد الأقصى الحديث لتحفيظ القرآن بقدس للسنة الدراسية 2022/2023 م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (544kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (452kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (354kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (532kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (694kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (469kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (607kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (332kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (500kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa arab akan maksimal jika ditunjang dengan adanya lingkungan bahasa, dan lingkungan bahasa akan dapat terlaksana secara maksimal apabila terdapat penggunaan media pembelajaran yang menunjang. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran bahasa Arab pada program lingkungan bahasa di Pondok Tahfidz Modern Al-Aqsho Kudus, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pada penggunaan media pembelajaran bahasa Arab pada program lingkungan bahasa di Pondok Tahfidz Modern Al-Aqsho Kudus. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah studi lapangan dan pendekatan kualitatif. sebagai metode untuk mengetahui dan menganalisis data yang ada di lapangan. Peneliti metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di Pondok Tahfidz Modern Al-Aqsho Kudus. Adapun subyek penelitian ini adalah pengasuh pesantren, guru, dan santri. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan analisis data berupa reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa data yang diperoleh, yaitu: (1) Media pembelajaran bahasa Arab yang digunakan pada program lingkungan bahasa di Pondok Tahfidz Modern Al-Aqsho Kudus adalah, pertama, Media visual yang meliputi buku, papan tulis, dan media grafis. adapun buku yang digunakan adalah Durusullughoh Al-Arobiyah, Imla’, Insya’, Mutholaah, nahwu, Shorof, Balaghoh, dan Mahfudzot. Kedua, Media audio yang meliputi sound speaker besar dan sound portabel Ketiga, Media audio-visual yang meliputi LCD dan proyektor yang digunakan pada penayangan film berbahasa. Selain penggunaan media, terdapat kegiatan yang dapat menunjang lingkungan bahasa, yaitu kegiatan harian, kegiatan mingguan dan kegiatan tahunan. (2) Adanya faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media pembelajaran bahasa Arab pada program lingkungan bahasa. Faktor pendukung diantaranya: penggunaan media pembelajaran dengan baik, penegakan peraturan, faktor guru, adanya hukuman dan pemberian penghargaan. Faktor penghambat diantaranya: faktor santri, faktor guru, dan minimnya media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlvian, Muhammad IvanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Bahasa Arab, Lingkungan Bahasa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 06:44
Last Modified: 22 Oct 2023 06:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11274

Actions (login required)

View Item View Item