Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Emas, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Masyarakat Menabung Emas Pada Unit Pegadaian Syariah Bintoro Demak

Ismi, Kuswati (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Emas, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Masyarakat Menabung Emas Pada Unit Pegadaian Syariah Bintoro Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (197kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan memperoleh hasil mengenai pengaruh kualitas pelayanan, harga emas, dan persepsi risiko terhadap minat masyarakat menabung emas pada Unit Pegadaian Syariah Bintoro Demak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan jenis pendekatan kuantitatif. Sumber data ini diperoleh dari data primer, dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumentasi dengan jumlah resonden sebanyak 85 responden pengguna produk tabungan emas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan Uji T, Uji F, dan Koefisien Determinasi (R2) dengan kualitas pelayanan, harga emas dan persepsi risiko sebagai variabel independen dan minat sebagai variabel dependen. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 21 dengan taraf sig 5%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel minat dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan nilai t hitung (4,041) > t tabel (1,990), harga emas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel minat karena nilai signifikansinya 0,251 > 0,05 dengan nilai t hitung (1,156) < t tabel (1,990), dan variabel persepsi risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan nilai t hitung (8,044) > t tabel (1,990). Dari hasil penelitian tersebut sehingga disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan persepsi risiko memiliki pengaruh yang signfikan terhadap variabel minat untuk menabung emas, sedangkan variabel harga emas tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap miat masyarakat untuk menabung emas di Unit Pegadaian Syariah Bintoro Demak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida, UmmaUNSPECIFIED
Thesis advisorRumanto, AgepUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga Emas, Persepsi Risiko, Minat, Tabungan Emas, Pegadaian
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:15
Last Modified: 18 Dec 2023 02:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11712

Actions (login required)

View Item View Item