Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara

Ula, Wasiqoh Nailil (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (400kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (408kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (459kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (703kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (598kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (633kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (424kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara. (2) Untuk mengetahui peningkatan konsentrasi belajar siswa melalui model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research)dimana peneliti mengamati langsung kondisi di lapangan dan dengan partisipasi responden, peneliti akan mendapatkan informasi. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dalam penelitian ini, penulis melakukan studi lapangan di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara, yakni pada kelas X Agama 4. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas X Agama 4 sejumlah 37 siswa, kemudian diambil sampel 37. Dalam analisis ini, penulis menggunakan analisis statistik yaitu uji paired sample t-test dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menunjukkan thitung< ttabel yaitu 0,000 < 0,05 dan diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,232 yang berarti bahwa pengaruh model pembelajaran group investigation (X) terhadap konsentrasi belajar siswa (Y) adalah sebesar 23,2%. Serta terdapat peningkatan konsentrasi belajar siswa melalui model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MA Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jeparadapat dilihat dari nilai rata-rata pretest yaitu 53 dan nilai rata-rata posttest yaitu 83. Artinya konsentrasi belajar siswa dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran group investigation meningkat. Adapun dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai F hitung = 10.595, dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 artinya adanya pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArifin, ZaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Group Investigation, Konsentrasi Belajar Siswa, Akidah Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:05
Last Modified: 19 Dec 2023 02:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11716

Actions (login required)

View Item View Item