تأثير القلق اللغوي للغة العربية على نتائج تعلّم الطلاب للفصل الحادي عشر لمدرسة الثانوية الإسلامية الخاصة سلطان أكونج باطي لسنة الدراسية 2022/2023

Wijayanti, Zeilani Isti (2023) تأثير القلق اللغوي للغة العربية على نتائج تعلّم الطلاب للفصل الحادي عشر لمدرسة الثانوية الإسلامية الخاصة سلطان أكونج باطي لسنة الدراسية 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (757kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (367kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (387kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (458kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (607kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (742kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (680kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (341kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)

Abstract

Kecemasan berbahasa asing adalah dari perasaan gelisah, khawatir, gugup dan ketakutan yang dialami oleh bukan penutur asli ketika belajar atau menggunakan bahasa kedua atau asing. Perasaan ini mungkin berasal dari konteks sebagai bahasa kedua terkait dengan keterampilan produktif berbicara dan menulis. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan kecemasan berbahasa yang dialami siswa dalam pembalajaran Bahasa arab terutama pada aspek maharoh kalam. Dari jawaban siswa pada angket yang berisi indikator-indikator kecemasan berbahasa, terindikasi adanya kecemasan berbahasa yang dialami siswa dalam pembelajaran Bahasa arab. Rata-rata nilai siswa pada tes lisan yang dilaksanakan peneliti hanya sebesar 62. Nilai tersebut masih di bawah standar kelulusan. Hal tersebut tentu saja dipengaruhi salah satunya oleh kecemasan berbahasa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan positif. Metode yang digunakan adalah metode pretest posttes, Pretest menggunakan angket lecemasan berbahasa dari Horwitz sedangkan posttest menggunakan soal yang dibuat peneliti untuk dijawab secara lisan. Olah data dari hasil penelitian, pada uji regresi linear sederhana sebagai uji untuk menentukan pakah hipotesis peneliti diterim atau ditolak diketahui t hitung sebesar -4,850 dimana nilai tersebut lebih besar t tabel (t tabel df 46 adalah 1,679), dengan demikian hipotesis peneliti yaitu: “terdapat pengaruh kecemasan berbahasa terhadap hasil belajar siswa” diterima dan H0 ditolak. Kecemasan berbahasa tersebut memberikan pengaruh sebesar 88,9% terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa arab. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana adanya kecemasan berbahasa tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa arab siswa sebesar 33,8% dengan t hitung -4,850 dan sig 0,000. Dengan demikian hipotesis peneliti yng berbunyi "terdapat pengaruh kecemasan berbahsa terhadap hasil belajar siswa" diterima dan H0 ditolak. Adapun pengaruh tersebut berupa pengaruh negative, artinya setiap peningkatan 1% kecemasan berbahasa arab siswa maka nilai hasil belajar akan menurun sebesar 0,311

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNasir, AminUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Berbahasa Arab, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:16
Last Modified: 12 Aug 2024 07:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11952

Actions (login required)

View Item View Item