Sholikah, Siti Nur (2023) تنفيذ املنهج الدراسي املستقل ي يف تعليم مهارة القراءة يف املدرسة الثانوية اإلسالمية احلكومية 1 بباطي للسنة الدراسية /2022 2023 م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (515kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (484kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (343kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (557kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (661kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (543kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (635kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (358kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (472kB) |
Abstract
Merdeka belajar adalah salah satu program baru yang ingin menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, baik guru maupun siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka yang meliputi (perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi) dalam pembelajaran maharoh qiroah di MAN 1 Pati dan mendeskripsikan factor pendukung serta penghambat dalam implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran maharoh qiroah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research). Pendekatan yang digunakan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru Bahasa Arab dan siswa di MAN 1 Pati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1. implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran maharoh qiroah terdiri dari (perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi). Dalam perencanaannya mengikuti pelatihan, webinar dan seminar terkait implementasi kurikulum merdeka. Untuk pelaksanaannya, guru mengacu dengan modul ajar yang telah dibuat. Adapun metode yang digunakan guru yaitu pembelajaran Project Based Learning ( PBL). Adapun dalam proses evaluasi ada 3 macam yaitu tes formatif, sumatif dan diagnostic. 2. Factor pendukungnya yaitu adanya kegiatan seminar dan Workshop mengenai implementasi kurikulum merdeka, sumber daya manusia dan Menguasai bahan ajar. Adapun factor penghambatnya adalah keterbatasan sarana dan prasarana dalam pemanfaatan platform teknologi, peserta didik yang heterogen dan minimnya referensi mengenai kurikulum merdeka di internet khususnya dalam pembelajaran maharoh qiro’ah pembelajaran Bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Maharoh Qiro’ah | ||||||
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Ilmu-Ilmu Al-Qur`an > Ilmu Qiraat 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2024 03:16 | ||||||
Last Modified: | 14 Aug 2024 03:16 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11966 |
Actions (login required)
View Item |