فعالية نموذج التعلم القائم على المشروع باستخدام برنامج تطبيق POWTOON لترقية مهارة الكلام في مادة الحياة اليومية للصف العاشر بالمدرسة الثانوية نهضة العلماء روضة الصبيان فغانجاران قدس

Hidayat, Wahyu (2023) فعالية نموذج التعلم القائم على المشروع باستخدام برنامج تطبيق POWTOON لترقية مهارة الكلام في مادة الحياة اليومية للصف العاشر بالمدرسة الثانوية نهضة العلماء روضة الصبيان فغانجاران قدس. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (619kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (434kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (246kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (582kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (736kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (775kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (760kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (322kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (370kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran project based learning berbantu aplikasi powtoon untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa pada materi kehidupan sehari-hari untuk kelas sepuluh di MA NU Raudlatus Shibyan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental. Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek Penelitian adalah Kelas X 1 dan X 2 MA NU Raudlatus Shibyan peganjaran yang berjumlah 50 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis intrumen, analisis deskriptif, dan analisis statitistik inferensensial. Analisis Intrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Adapun analisis deskriptif meliputi gambaran hasil nilai siswa, analisis statistik inferensial menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yaitu uji independent Sample t-tes dan uji N-gain. Hasil uji independent sample t-tes diperoleh Sig.t-test (2-tailed) 0,00 < 0,05 yang menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya dijelaskan terdapat perbedaan yang signifikan antara model project based learning berbantu software powtoon pada kemampuan berbicara dengan model konvensional. Adapun skor rata-rata kemampuan berbicara sebelum penerapan pada kelas ekperimen 49 sedangkan rata-rata sesudah penerapan pada kelas ekperimen 76. Selain itu hasil dari uji N-gain di peroleh Rata-rata N-gain skor kelas eksperimen berada pada nilai sebesar 0,52 sehingga berada pada ketegori “sedang”, sedangkan Rata-rata N-gain skore kelas kontrol berada pada nilai g < 0,3 dengan rata-rata sebesar 0,16, sehingga berada pada ketegori “Rendah”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based leaning berbantu software powton untuk meningkatkan kemahiran berbicara pada materi kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrhas, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, Powtoon, Kemahiran Berbicara
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Nov 2024 08:16
Last Modified: 21 Nov 2024 08:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12694

Actions (login required)

View Item View Item