Fuskha, Alina (2023) فعالية لعبة اللغة Magic Boxعلى نتائج التعلم لمهارة القراءة للطلاب في الصف العاشر المدرسة الثانوية نور السلام الإسلامي بقدس للسنة الدراسية 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (482kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (366kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (541kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (992kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (630kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (726kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (326kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (440kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil belajar keterampilan membaca siswa kelas X MA NU Nurussalam sebelum menggunakan permainan bahasa Magic Box, (2) Mengetahui hasil belajar keterampilan membaca siswa kelas X MA NU Nurussalam sesudah menggunakan permainan bahasa Magic Box, (3) Mengetahui efektivitas permainan bahasa Magic Box terhadap hasil belajar keterampilan membaca siswa kelas X MA NU Nurussalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimental Design. Adapun teknik sampel yang digunakan adalah sampling jenuh yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam mengumpulkan data menggunakan Uji N-Gain yang digunakan untuk mengetahui apakah ada efektivitas atau tidak dalam penggunaan permainan bahasa Magic Box terhadap hasil belajar keterampilan membaca siswa kelas X MA NU Nurussalam Kudus. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa (1) Hasil belajar keterampilan membaca siswa sebelum menggunakan permainan bahasa Magic Box dapat diketahui dari hasil pre-test. Di kelas kontrol, nilai pre-test tertinggi yaitu 65, nilai terendah yaitu 10, dan rata-rata adalah 38,26, ini berarti bahwa hasil belajar keterampilan siswa terbilang “kurang”, sedangkan di kelas eksperimen, nilai pre-test tertiggi yaitu 80, nilai terendah yaitu 30 dan rata-rata adalah 55,21, ini berarti hasil belajar bahwa keterampilan siswa terbilang “kurang”. (2) Di kelas kontrol, nilai post-test tertinggi yaitu 85, nilai terendah yaitu 55, dan rata-rata adalah 68,69, ini berarti bahwa hasil belajar keterampilan membaca siswa terbilang “cukup”, sedangkan hasil belajar keterampilan membaca siswa setelah menggunakan permainan bahasa Magic Box dapat diketahui dari hasil post-test. Di kelas eksperimen, nilai post-test tertinggi yaitu 100, nilai terendah yaitu 75 dan rata-rata adalah 89,76, ini berarti bahwa hasil belajar keterampilan membaca terbilang “sangat baik”. (3) Hasil belajar keterampilan membaca siswa kelas eksperimen meningkat dan lebih besar dari kelas kontrol. Selain itu, uji independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 yang berarti nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dan rata-rata N-Gain adalah 61,24%. Dengan demikian dapat disimpullkan bahwa permainan Magic Box cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar maharah qiro’ah siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Permainan Bahasa Magic Box, Hasil Belajar, Keterampilan membaca | ||||||
Subjects: | Bahasa > Bahasa Arab | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2024 09:28 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2024 09:28 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12845 |
Actions (login required)
View Item |