Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Menyampaikan Pesan Dakwah (Studi Kasus Akun TikTok @dinda_ibrahiim

Milla, Putri Syarifatul (2023) Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Menyampaikan Pesan Dakwah (Studi Kasus Akun TikTok @dinda_ibrahiim. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (563kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (684kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (476kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (339kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dari masa ke masa turut membawa perubahan angin segar pada dunia dakwah. Dakwah dapat dilakukan dengan mudah dimana saja, salah satunya dengan adanya media sosial. TikTok menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan dari berbagai kalangan. Perkembangan tersebut dilihat dan dimanfaatkan oleh Dinda Ibrahim untuk menyebarluaskan pesan dakwah. Dalam menyampaikan pesan dakwah tentunya Dinda Ibrahim menggunakan strategi agar pesan dapat tersampaikan secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi persuasif yang digunakan oleh Dinda Ibrahim dalam menyampaikan pesan dakwah, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apa saja pesan dakwah yang disampaikan Dinda Ibrahim dalam media sosial TikTok @dinda_ibrahiim. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori strategi komunikasi persuasif oleh Melvin L. De Fleur dan Sandra J. Ball- Rokeach. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data didapatkan melalui hasil dari wawancara, etnografi virtual dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinda Ibrahim menggunakan tiga strategi komunikasi persuasif dalam menyampaikan pesan dakwah. Pertama strategi psikodinamika diimplementasikan dengan konsisten memberikan konten yang berisi pengetahuan dan pemahaman berupa pesan dakwah dengan penyampaian bahasa yang santun sehingga faktor kognitif dari audiens dapat diubah. Kedua strategi sosiokultural diimplementasikan melalui tiga cara yaitu menampilkan karakter muslim yang kuat dalam mengambil perannya di masyarakat, membangun kepercayaan mad’u dengan dengan melakukan komunikasi efektif, serta dakwah yang dilakukan dikemas dengan metode dakwah yang mengingatkan dan bukan memaksa. Ketiga strategi the meaning construction diterapkan dengan mengkontruksi makna pesan dakwah dengan mengemas pesan-pesan dakwah menjadi bahasa yang sederhana, mudah dimengerti, dan diingat. Pesan dakwah yang disampaikan Dinda Ibrahim pada akun TikTok @dinda_ibrahiim meliputi pesan dakwah akidah, akhlak dan syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMusawamah, MualamatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Persuasif; TikTok Sebagai Media Dakwah; Dakwah di Sosial Media
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Dec 2024 06:39
Last Modified: 20 Dec 2024 06:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12942

Actions (login required)

View Item View Item