Analisis Kesalahan Sintaksis Membaca Teks Arab Pada Siswa Kelas X MA Sunniyyah Grobogan Tahun Ajaran 2022/2023 M

Khoirunni'am, Yusuf (2023) Analisis Kesalahan Sintaksis Membaca Teks Arab Pada Siswa Kelas X MA Sunniyyah Grobogan Tahun Ajaran 2022/2023 M. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover s.d Kata Pengantar.pdf

Download (925kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (665kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (461kB)
[img] Text
4. BAB1.pdf

Download (697kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (756kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (539kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (812kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (432kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (502kB)

Abstract

Penelitian di latar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan bahwa siswa kurang terampil dalam membaca teks bahasa Arab khususnya dalam i’rob sehingga dilakukan analisis untuk mendeksripsikan bentuk-bentuk kesalahan siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana bentuk kesalahan i’rob dalam membaca teks bahasa Arab pada siswa kelas X MA Sunniyyah Grobogan serta untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan tersebut dan upaya yang dilakukan untuk meminimalisir kesalahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif sedangkan corak penelitian ini adalah penelitian lapangan. Peniliti menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun teori yang digunakan untuk menganalisis kesalahan adalah teori Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Bentuk-bentuk kesalahan i’rob ketika membaca teks berbahasa Arab di kelas X MA Sunniyyah Grobogan adalah: I’rob Tarkib Idhofi, Mubtadak, Athof, Jar-majrur, Na’at Man’ut, Maf’ul bih, Fi’il Mudlori’. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan siswa salah dalam membaca teks bahasa Arab yaitu: faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal meliputi: Lingkungan tempat tinggal dan Latar belakang pendidikan. Faktor internal meliputi: minim pemahaman nahwu shorof, kurangnya minat, tidak percaya diri. (3) Upaya yang dilakukan untuk meminimalisir kesalahan adalah: Memberikan pengajaran bahasa arab sesuai kaidah, Menumbuhkan minat dalam mempelajari bahasa arab, Menumbuhkan rasa percaya diri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMutholib, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan, I’rob, Keterampilan membaca, Teks arab
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Bahasa > Bahasa Arab
Bahasa > Bahasa Arab > Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Dec 2024 08:45
Last Modified: 27 Dec 2024 08:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13042

Actions (login required)

View Item View Item