Sesilia, Dania Vala (2024) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar SMK LEMURIA Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (755kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (301kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (508kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (660kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (582kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (541kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (314kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (436kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok yang sudah ada di SMK LEMURIA Kudus. 2). Untuk mengetaui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik di SMK LEMURIA Kudus. 3). Untuk mengetaui efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik self management untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik di SMK LEMURIA Kudus. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian yaitu one group pretest-postest design. Populasi dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI di SMK LEMURIA Kudus dengan jumlah 26 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI dengan jumlah 8 peserta didik yang dijadikan kelas eksperimen dengan sebanyak 5 kali pertemuan. Pada pertemuan pertama diberikan kuisioner pretest disiplin belajar. Pada pertemuan kedua, ketiga, dan keempat dilakukan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management. Dan untuk pemberian posttest dilakukan dalam pertemuan kelima. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan soal materi (angket), dokumentasi, observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik self managemnt ini dilakukan 5 kali. Dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan kelompok, siswa memiliki antusias tinggi dalam mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Pengumpulan data mengunakan uji T-Test dengan hasil <,001 artinya <0,05 dimana penelitian ini menunjukan efektif untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik dari kategori cukup pinggi (46,0 menjadi 99,0) di SMK LEMURIA Kudus, adapun faktor yang mempengaruhi disiplin belajar ialah faktor keluarga, teman sebaya, kurangnya mengatur waktu, dan lingkungan disekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | layanan bimbingan kelompok, self-management, disiplin belajar | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2025 03:21 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2025 03:21 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13225 |
Actions (login required)
View Item |