فعالية استخدام وسائل فيديو القصة العربية القصيرة على أساس التطبيقة يوتيوب لتنمية مهارة الاستماع للطلبة الفصل الثامن بالمدرسة المتوسطة هاشم أشعري 3 بقدس للسنة الدراسية ٢٠٢٢/٢٠٢٣ م

Amirudin, Syakhrul (2023) فعالية استخدام وسائل فيديو القصة العربية القصيرة على أساس التطبيقة يوتيوب لتنمية مهارة الاستماع للطلبة الفصل الثامن بالمدرسة المتوسطة هاشم أشعري 3 بقدس للسنة الدراسية ٢٠٢٢/٢٠٢٣ م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover Sd Kata Pengantar.pdf

Download (643kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (570kB)
[img] Text
3. Daftar isi.pdf

Download (477kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (536kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (656kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (586kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (689kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (467kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (414kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektifitas Penggunaan media video cerita pendek berbahasa Arab dari aplikasi Youtube dalam meningkatkan maharah istima’ pada siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asyari 03 Kudus. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian “experiments design” dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes keterampilan istma’ berupa pretest dan posttest yang diberikan terhadap dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian dilakukan uji T berupa Independent sample t test untuk mengetahui apakah ada perbedaan nilai hasil belajar kedua kelas setelah diberikan dua perlakuan yang berbeda. Hasil dari uji statistik parametrik dengan menggunakan SPSS diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.00 yang berarti nilai tersebut lebih kecil dari 0.05 dengan selisih nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelompok eksperimen dengan rata-rata hasil belajar peserta didik kelompok control yaitu 22,67 dan selisih perbedaan tersebut adalah 16,66408 sampai 28,68477. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektifitas yang signifikan atau nyata diantara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk mengetahui besarnya efektifitas penggunaan media video cerita pendek berbahasa Arab melalui aplikasi youtube dan penggunaan media konvensional dapat dilihat dari nilai N-Gain score yang diperoleh dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 57,6621 untuk kelas ekperimen, termasuk dalam kategori Cukup Efektif, dengan nilai N-Gain Score minimal 42,31 dan maksimal 70,00. Sementara 34,9877 untuk kelas kontrol, termasuk dalam kategori tidak efektif. dengan nilai N-Gain Score minimal 4,76 dan maksimal 60,00.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlfiyan, Muhammad IvanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran bahasa Arab, Keterampilan Istima’, video youtube
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jan 2025 02:19
Last Modified: 31 Jan 2025 02:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13453

Actions (login required)

View Item View Item