Efektivitas Model Pembelajaran Koopratif Tipe Teams Games Turnamen (TGT) Berbantuan Media Pembelajaran Spinning Wheel Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII

Sari, Mila (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Koopratif Tipe Teams Games Turnamen (TGT) Berbantuan Media Pembelajaran Spinning Wheel Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (317kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Motivasi belajar siswa dapat meningkatkan kesadaran dan minat siswa selama pembelajaran. Dalam sisi lain, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa mempengaruhi kemampuan siswa untuk memahami dan menerapkan konsep matematis dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pentingnya meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan media dan model pembelajaran yang efektif. Maka dari itu, tujuan penelitian adalah: 1) Untuk menguji perbedaan motivasi belajar antara siswa yang diajar dengan Model TGT berbantuan Media Spinning Wheel, siswa yang diajar dengan model TGT dan siswa yang diajar model konvensional, 2) Untuk menguji perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang diajar dengan Model TGT berbantuan Media Spinning Wheel, siswa yang diajar dengan model TGT dan siswa yang diajar dengan model konvensional. Jenis penelitian ini adalah True Experimental Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Terpadu Hadziqiyyah Nalumsari Jepara. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh karena semua kelas VIII dijadikan sampel yang terdiri dari tiga kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, angket motivasi belajar dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Analisis uji prasyarat menggunakan uji normalitas Shapiro Wilk dan uji homogenitas Levene. Pengujian hipotesis menggunakan anava satu jalan dengan taraf signifikan 5% dan dilanjutkan dengan uji Post Hoc. Hasil penelitian ini pada uji hipotesis pertama menunjukkan: 1) Dari hasil hiposesis 1 menggunakan uji anava saju jalan diperoleh nilai signifikansinya sebesar 0,003 < 0,05 maka H_0 ditolak. Motivasi belajar siswa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model TGT berbantuan media Spinning Wheel dengan siswa yang diajar menggunakan model TGT, motivasi belajar siswa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model TGT dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional kemudian motivasi belajar siswa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model TGT berbantuan media Spinning Wheel dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional. Sedangakan untuk uji hipotesis yang kedua menunjukan: 2) Dari hasil hiposesis 2 menggunakan uji anava saju jalan diperoleh nilai signifikansinya sebesar 0,001 < 0,05 maka H_0 ditolak. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model TGT berbantuan media Spinning Wheel dengan siswa yang diajar menggunakan model TGT, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model TGT dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model TGT berbantuan media Spinning Wheel dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional. Berdasarkan dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media pembelajaran Spinning Wheel efektif terhadap motivasi belajar siswa dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Terpadu Hadziqiyyah Nalumsari Jepara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoor, Naili LumaatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran TGT, Media Pembelajaran Spinning Wheel, Motivasi Belajar siswa, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 May 2025 04:03
Last Modified: 27 May 2025 04:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14272

Actions (login required)

View Item View Item