Niswah, Choirun (2024) فعالية طريقة التعاون والتكامل في القراءة والتركيب لتعليم اللغة العربية على ترقية مهارة القراءة لدى الطلاب بمدرسة الإسلامية الشافعية المتوسطة الإسلامية رمبانج للسنة الدراسية ۲۰۲۳\۲۰۲٤ م. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
1. Cover.pdf Download (684kB) |
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (460kB) |
![]() |
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
4. Bab I.pdf Download (470kB) |
![]() |
Text
5. Bab II.pdf Download (695kB) |
![]() |
Text
6. Bab III.pdf Download (658kB) |
![]() |
Text
7. Bab IV.pdf Download (810kB) |
![]() |
Text
8. Bab V.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (445kB) |
Abstract
Kemampuan membaca bahasa Arab siswa masih terbilang rendah dan dianggap pasif, sehingga masih kesulitan dalam proses belajar mengajar. Rendahnya keinginan membaca disebabkan banyaknya peserta didik yang menganggap bahwa bahasa Arab itu sulit dan pembelajarannya membosankan. Sehingga tidak sedikit peserta didik yang akhirnya kurang bisa dalam membaca dan memahami teks berbahasa Arab karena mereka sudah memiliki pikiran yang demikian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa di MTs Islamiyah Syafiiyah Gandrirojo Rembang. Penelitian ini merupakan peneltian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan kepada 31 responden, serta observasi dan dokumentasi untuk mengetahui metode pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab di lokasi penelitian yaitu Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Syafiiyah Gandrirojo Rembang. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan regresi sederhana untuk mengetahui efektif atau tidaknya variabel x terhadap variabel y. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi dari data yang diperoleh adalah 0,000 yang mana berarti lebih kecil dari nilai Alpha 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,640 dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,410 atau 41%. Sedangkan hasil uji N-Gain diperoleh nilai rata-rata sebesar 41,7%, yang mana itu menunjukkan bahwa metode ini efektif namun masih rendah tingkat efektifitasnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Keterampilan membaca | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 16 Jun 2025 08:17 | ||||||
Last Modified: | 16 Jun 2025 08:17 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14416 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |