Rismalaputri, Evi (2024) Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Melatih Kemampuan Menghafal Mufradat Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah NU Tarbiyatuth Thullab Payaman Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
04. BAB I.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
05. BAB II.pdf Download (507kB) |
![]() |
Text
06. BAB III.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
07. BAB IV.pdf Download (584kB) |
![]() |
Text
08. BAB V.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (663kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan : (1)Untuk mengidentifikasi model pembelajaran picture and picture dalam bahasa arab, (2) untuk mengidentifikasi model pembelajaran picture and picture untuk melatih kemampuan menghafal mufradat bahasa arab, dan (3) Untuk mengetahui tantangan dan hambatan dalam implementasi model pembelajaran picture and picture untuk melatih kemampuan menghafal mufradat bahasa arab. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (data conclusion). Objek keabsahan data menggunakan beberapa cara yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran picture and picture dalam bahasa arab mampu menarik minat siswa dan mengajak siswa untuk selalu aktif, kreatif, dan inovatif dalam pembelajaran bahasa arab, (2) Penerapan model pembelajaran picture and picture untuk melatih kemampuan menghafal mufradat bahasa arab dimulai dengan perencanaan yang disesuaikan dengan RPP, bahan ajar, materi pembelajaran. Pelaksanaan penerapan model pembelajarn picture and picture terdapat tiga kegiatan, yaitu pendahuluam, inti, dan penutup. Pendahuluan memuat berdo’a, menanyakan kabar, mengecek kehadiran, apresiasi. Kegiatan inti memuat penjelasan prosedur penerapan model pembelajaran picture and picture yang terdiri dari penyampaian kompetensi, penyajian materi, penyajian gambar, pemasangan gambar, penjajakan, dan penyampaian kompetensi kembali. Dalam kegiatan inti juga berisi penerapan metode menghafal dalam materi mufradat melalui beberapa cara di antaranya, mendengarkan, mengucapkan, mendapatkan arti atau makna, membaca kata, menulis kata, dan membuat kata. Dan evaluasi dengan menjawab pertanyaan dan soal tertulis. (3) Tantangan dalam penerapan model pembelajaran picture and picture untuk melatih kemampuan menghafal mufradat bahasa arab siswa antara lain ada 3 yaitu tantangan terhadap guru, tantangan terhadap siswa, dan tantangan terhadap dalam proses pembelajaran yang mencakup sarana prasarana, guru yang professional, dan kondisi sekolah. Sedangkan hambatannya juga ada 3 yaitu hambatan terhadap guru, hambatan terhadap siswa, dan hambatan terhadap dalam proses pembelajaran yang mencakup membutuhkan gambar yang bervariasi, latar belakang siswa yang berbeda-beda, kurangnya dana, siswa sulit bekerja sama dengan temannya, dan kurangnya pengawasan saat pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran, Picture And Picture, Menghafal Mufradat, Pembelajaran, Bahasa Arab | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Bahasa > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 07:54 | ||||||
Last Modified: | 24 Jun 2025 07:54 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14477 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |