Model Pembelajaran Value Clarification Technque (VCT) Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Pemblajaran IPS di MI NU Bahrul Ulum

Sari, Anisa Rofita (2024) Model Pembelajaran Value Clarification Technque (VCT) Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Pemblajaran IPS di MI NU Bahrul Ulum. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (611kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (425kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (619kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: pertama, untuk mengetahui seberapa besar pemahaman mata peajaran IPS pada peserta didik kelas V sebelum menggunakan model pembelajaran. Kedua, untuk mengetahui seberapa besar pemahaman mata pelajaran IPS pada peserta didik kelas V sesudah menggunakan model pembelajaran. Ketiga, Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran IPS kelas V di MI NU Bahrul Ulum Ngembal Kulon Jati Kudus. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kuantitatif dengan bentuk metode quasy eksperimental. Desain penelitian yang digunakan yaitu, one group pretest posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI NU Barul Ulum Ngembal Kulon Jati Kudus. Ada juga teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu dengan cara observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui hasil tingkat pemahaman siswa adalah tes pilihan ganda berupa pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pemahaman mata pelajaran IPS pada peserta didik kelas V sebelum menggunakan model Value Clarification Technique (VCT) (pretest), diperoleh rata-rata 67,47. Sedangkan untuk perhitungan thitung lebih kecil dari ttabel ditunjukkan nilai -0,871 < 1,734.(2) Pemahaman mata pelajaran IPS pada peserta didik kelas V setelah menggunakan model Value Clarification Technique (VCT) (posttest), diperoleh rata-rata 74,16. Sedangkan hasil perhitungan thitung lebih dari ttabel ditunjukkan nilai 3,902 > 1,734. (3) Pengaruh model Value Clarification Technique (VCT) berpengaruh terhadap pemahaman peserta didik. Hal ini dibuktikan dari adanya perbedaan pemahaman pretest dan posttest dengan thitung -6,484 yang lebih kecil dari ttabel 1,734. Jadi, dapat disimpulkan bahwasannya terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman peserta didik, maka Ha diterima dan H0 ditolak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHanik, Elya UmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Value Clarification Technique, Pemahaman peserta didik
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Modul Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Sep 2025 08:16
Last Modified: 01 Sep 2025 08:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14772

Actions (login required)

View Item View Item