EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE STRUCTURED DYADIC DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS X DI MA SALAFIYYAH WAHID HASYIM JEKULA KUDUS

Mubarok, Ahmad Faizul (2017) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE STRUCTURED DYADIC DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS X DI MA SALAFIYYAH WAHID HASYIM JEKULA KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. FILE 1 COVER PENGESAHAN_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. FILE 2 ABSTRAK_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. FILE 3 DAFTAR ISI_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. FILE 4 BAB I_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. FILE 5 BAB II_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. FILE 6 BAB III_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. FILE 7 BAB IV_opt.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8.FILE 8 BAB V_opt.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. FILE 9 DAFTAR PUSTAKA_opt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran kooperatif merupakan metode pembelajaran yang melibatkan sejumlah kelompok kecil yang bekerjasama, belajar serta saling membantu satu sama lain untuk mencapai tujuan pembelajaran. dengan model ini diharapkan siswa bisa saling membantu, berdiskusi serta berargumentasi untuk mengasah pengetahuan yang mereka kuasai dan mengurangi kesenjangan pemahaman. Salah satu model pembelajaran kooperatif yaitu model SDM . Model pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan rasa tanggungjawab, kerjasama, pemahaman siswa dan yang tidak kalah penting yakni kemampuan dalam berbicara dengan menggunakan bahasa arab. Pendekan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif yang berfokus pada analisis data dan perhitungan statistik. Adapun Populasi yang digunakan dalam penelitian ini lebih dari 100 siswa maka peneliti mengambil 17% dari jumlah keseluruhan siswa kelas X . Pada pengambilan sampel digunakan metode purposive sampling, diperoleh sampel kelas X A sebagai kelas eksperimen dan kelas X B sebagai kelas kontrol. Adapun jumlah siswa yang pada masing- masing kelas tersebut sebanyak 44 siswa. Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan metode angket, metode dokumentasi dan metode tes sebagai teknik pengumpulan data, kemudian peneliti menggunakan rumus t-test untuk menganalisis data yang telah diperoleh tersebut. Adapun tujuan Penelitian ini adalah: a). Untuk mengetahui pelaksanaan metode Structured Dyadic (SDM ) di kelas eksperiment, b). Untuk mengetahui Kemampuan Maharah Kalam Kelas eksperimen dan kontrol sebelum diajar dengan menggunakan Metode Pembelajaran Structured Dyadic (SDM ) di Kelas X MA Salafiyyah Wahid Hasyim Jekula Kudus , c). Untuk mengetahui Kemampuan Maharah Kalam Kelas eksperimen dan kontrol sesudah diajar dengan menggunakan Metode Pembelajaran Structured Dyadic (SDM ) di Kelas X MA Salafiyyah Wahid Hasyim Jekula Kudus , d). Untuk mengetahui efektivitas penggunaan Metode Pembelajaran Structured Dyadic (SDM ) dalam meningkatkan Maharah Kalam di Kelas X MA Salafiyyah Wahid Hasyim Jekula Kudus ,. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Maharah Kalam dengan menggunakan Structured Dyadic (SDM ) bagi siswa kelas X MTs N 01 lebih efektif daripada yang diajar dengan tidak menggunakan Structured Dyadic (SDM ) atau dengan metode tradisional (Metode yang diterapkan di Sekolah tersebut). Ini di tunjukkan dari hasil t-test thitung > ttabel sehingga ha diterima yakni ada perbedaan antara siswa yang diajar dengan menggunakan Structured Dyadic (SDM ) dan siswa yang diajar tanpa menggunakan Structured Dyadic (SDM ) yaitu 5,46 > 1,671. Dari hasil post test diketahui rata-rata kelas eksperimen yaitu 78,36 dan 63,02 kelas kontrol dengan hasil pre test 56,86 untuk kelas eksperimen dan 55,36 untuk kelas kontrol serta hasil t-test 0,39<1,671 yakni tidak ada perbedaan antara kedua kelas tersebut. Hal ini menunjukkan ada peningkatan nilai antara kedua kelas yaitu dengan perbandingan 13,84 lebih besar kelas eksperimen daripada kelas control yakni kelas eksperimen dengan peningkatan nilai sebesar 21,5 dan kelas control 7,66 atau 21,5 > 7,66 dan hasil nilai angket menunjukkan kriteria baik yakni 86,923% dari yang diharapkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Structured Dyadic; Maharatul Kalam
Subjects: Bahasa
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab > Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:39
Last Modified: 30 Oct 2017 04:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1888

Actions (login required)

View Item View Item