Salim, Noor (2018) STUDI ANALISIS STRATEGI METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NAHDLATUL ULAMA MATHOLI’UL HUDA KEDUNGSARI GEBOG KUDUS TAHUN AJARAN 2017/2018. SKRIPSI, PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB, JURUSAN TARBIYAH SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover.pdf Download (823kB) |
|
Text
2. abstrak.pdf Download (468kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (400kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (432kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (794kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (467kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (679kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (440kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (347kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan strategi Metakognitif untuk meningkatkan kemampuan membaca di madrasah Tsanawiyah “Matholi’ul Huda”, dan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa-siswa di dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan strategi Metakognitif, dan untuk mengetahui faktor – faktor pendukung dan penghambat di dalam pembelajaran bahasa Arab menggunakan strategi Metakognitif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan, dan pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif, dan sifatnya deskriptif. Adapun metode yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data di dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi. Dan teknik analisis data meliputi : reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan. Dan untuk analisis uji kredibilitas data adalah perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan trigulasi. Dari penelitian ini menyimpulkan hasil sebagai berikut, 1. Proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan strategi Metakognitif untuk meningkatkatkan kemampuan membaca di madrasah Tsanawiyah “Matholi’ul Huda” terbagi menjadi tiga proses, a( perencanaan ) membuat RPP, menyiapkan media, membuat kartu periksa diri, membuat materi bacaan ). b) pelaksanaan ( mengkondisikan kelas, menjelaskan tujuan belajar membaca, memberikan materi bacaaan yang sesuai, dan terakhir membagi kartu periksa diri ). c) evaluasi ( memeriksa kembali kartu periksa diri ). 2. Kemampuan membaca murid – murid di kelas tujuh sampai kelas Sembilan menunjukkan peningkatan didalam membaca, hasilnya terlihat di ulangan. Yaitu, di atas kriteria ketuntasan minimal (7,5). 3. Adapun faktor pendukung proses pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan strategi Metakognitif adalah : adanya semangat siswa – siswi dan kepala madrasah yang mendukung strategi ini digunakan didalam pembelajaran bahasa Arab. Adapun Faktor Penghambat adalah : waktu pembelajaran pendek dan tidak ada pengajar yang mampumenguasai strategi ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Metakognitif, Keterampilan Membaca. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Jun 2020 12:47 |
Last Modified: | 03 Jun 2020 12:47 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2934 |
Actions (login required)
View Item |