Musyaddad, Muhammad Aslam (2020) Fa'aliyyah al-wasa'il at-ta'limiyyah lauhul qolab (Flip Chart) fii ta'limi al-lughoh al-arobiyyah litarqiyati maharoti al-qiro'ah fii al-madrosah "Nurussalam" al-islamiyyah al-mutawassithoh Besito Gebog Kudus sanah dirosiyyah 2018/2019 M (dirosah tajribiyyah). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (828kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (476kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (566kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (552kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (623kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (831kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (581kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (448kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran keterampilan membaca Bahasa Arab siswa di MTs. Nurussalam. Mengetahui pembelajaran keterampilan membaca dengan penggunaan media pembelajaran Flip Chart dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa di MTs. Nurussalam. Kemudian bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Flip Chart untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa di MTs. Nurussalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dikarenakan data penelitian berupa angka-angka dan analisisnya menggunakan statistik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalu metode wawancara, observasi, dokumetasi, dan tes. Sedangkan analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji T.test. Adapun proses pendidikan bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan membaca di MTs. Nurussalam Besito Gebog Kudus baik, karena dalam proses pendidikan pendidik menggunakan berbagai metode, alat bantu pengajaran dan penilaian untuk mengetahui kemampuan siswa. Kemudian, penggunaan metode pendidikan Flip Chart dalam mengajar bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan membaca di MTs. Nurussalam Besito Gebog Kudus. Sebagai berikut: mengembangkan pemahaman siswa tentang mata pelajaran, membuat siswa ingin tahu, membuat siswa kreatif, membuat siswa aktif dalam belajar, mudah bagi guru untuk menguasai. Dari penelitian ini, dibuktikan bahwa hasil keterampilan membaca siswa di kelas eksperimen dalam proses eksperimental penggunaan media pembelajaran Flip Chart dalam pembelajaran bahasa Arab menunjukkan hasil yang lebih tinggi dari pada hasil jumlah siswa pada kelas kontrol, dengan hasil sebagai berikut: (1) Kemampuan membaca peserta didik di kelas kontrol dengan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 8.370 > 1,995 dengan tingkat signifikan 5% dan 2,650 dengan tingkat signifikan 1%. (2) Kemampuan membaca peserta didik pada kelas eksperimen thitung lebih besar dari ttabel yaitu 11.461 > 1,995 dengan tingkat signifikan 5% dan 2,650 dengan tingkat signifikan 1%. (3) Berdasarkan analisis kuantitatif hasil pencarian, "Ada pengaruh dalam menggunakan media pembelajaran Flip Chart untuk meningkatkan kemampuan membaca dalam pengajaran bahasa Arab di MTs. Nurussalam" dapat diterima, jadi Ha diterima dan Ho ditolak. Nilai thitung dalam kelas eksperimen jauh dari ttabel taraf signifikan 5%, dan nilai thitung pada kelas kontrol dekat dengan ttabel taraf signifikan 5%. (Hasil keterampilan membaca di kelas eksperimen lebih tinggi daripada hasil keterampilan membaca di kelas kontrol).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Penggunaan media pembelajaran Flip Chart, dan keterampilan membaca. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 Feb 2021 04:25 |
Last Modified: | 08 Feb 2021 04:25 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3483 |
Actions (login required)
View Item |