Tathbiiqu Thoriiqoti Amtsilatii Litarqiyatistii'aabi Qowa'idillughothil 'arobiyyati Ladath Tholibat Bil Ma'had Al-Islami As-Salafi Qudus Al-'Amuddirosiy 2019-2020

Imaroh, Nurul (2020) Tathbiiqu Thoriiqoti Amtsilatii Litarqiyatistii'aabi Qowa'idillughothil 'arobiyyati Ladath Tholibat Bil Ma'had Al-Islami As-Salafi Qudus Al-'Amuddirosiy 2019-2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover- kata pengantar.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2 abstrak.pdf

Download (635kB)
[img] Text
3 daftar isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 bab 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 bab 4.pdf

Download (5MB)
[img] Text
8 bab 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9 daftar pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui penerapan Meode Amtsilati untuk memahami Qowaid Bahasa Arab di Pondok Pesantren Asrama Pendidikan Islam Kudus tahun 2019/2020. (2) untuk mengetahui prestasi santri dalam memahami Qowaid Bahasa Arab dengan penerapan Metode Amtsilati di Pondok Pesantren Asrama Pendidikan Islam Kudus taun 2019/2020. (3) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan Metode Amtsilati untuk untuk Memahami Qowaid Bahasa Arab santri di Pondok Pesantren Asrama Pendidikan Islam Kudus tahun 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi dan field research. Lokasi penelitian ini berada di Pondok Pesantren Asrama Pendidikan Islam Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu mereduksi data, mendisplay data, serta mengambil kesimpulan. Sedangkan teknik uji kreadibilitas data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, Triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya signifikasi penerapan Metode Amtsilati dalam pemahaman Qowaid Bahasa Arab santri. Adapun prestasi santri dalam penerapan Metode Amtsilati menunjukkan hal yang positif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kemampuan santri dalam menjawab pertanyaan yang bersifat spontanitas dan kemampuan santri untuk menjelaskan tarkib setiap kata dalam kalimat beserta dasarnya. Dan dipertegas dengan hasil ulangan harian santri sebelum dan sesudah menggunakan metode tersebut. Nilai santri sebelum menggunakan metode tersebut adalah 75,5 dan setelah menggunakan metode tersebut meningkat menjadi 81,5. Adapun factor pendukung dalam penggunaan Metode Amtsilati yaitu kreaktivitas, kesiapan, dan perhatian guru terhadap santri, serta adanya rasa semangat para santri dalam mempelajari ilmu agama. Sedangkan faktor prnghambatnya yaitu terbatasnya waktu, dan para santri merasa keberatan karena mereka harus dibebani hafalan khulashoh dan qo’idati setiap hari, sedangkan kegiatan mereka di sekolah juga sangat banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Amtsilati, Qowaid Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Mar 2021 02:13
Last Modified: 23 Mar 2021 02:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3699

Actions (login required)

View Item View Item