tathbiqi toriqotil istijabatil jasmaniyatil kamilati (total physical response) fi ta'limil lughotil arobiyyati litarqiyyati maharotil kalami fil fashlis samin bimadrasatil mu'allimin wal mu'allimat almutawassitotil islamiyyati Rembang al am dirosi 2019/2020 masehi (dirosah syibih tajribiyyah)

Chusna, Roichatul (2020) tathbiqi toriqotil istijabatil jasmaniyatil kamilati (total physical response) fi ta'limil lughotil arobiyyati litarqiyyati maharotil kalami fil fashlis samin bimadrasatil mu'allimin wal mu'allimat almutawassitotil islamiyyati Rembang al am dirosi 2019/2020 masehi (dirosah syibih tajribiyyah). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (824kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (807kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (697kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (670kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (834kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (985kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (933kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (717kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (493kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil tes dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara sebelum diterapkan metode Total Physical Response (TPR), untuk mengetahui hasil tes dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara sesudah diterapkan metode Total Physical Response (TPR), untuk mengetahui keefektifan penerapan metode Total Physical Response (TPR) pada pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan maharah kalam pada siswa kelas VIII di MTs Muallimin Muallimat Rembang tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan metode kuantitatif (semi eksperimen). Metode pengumpulan data dengan tehnik observasi, dokumentasi, dan tes (pretest danposttest). Metode analisis data dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji homogenitas, uji asumsi klasik. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs Muallimin Muallimat Rembang dan diambil sampel dari jumlah populasi menjadi 64 siswa, diantaranya 32 siswa dari kelas VIII A dan 32 siswa dari kelas VIII B. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selisih hasil pretest dan post-test di kelas kontrol yaitu 9,38. Adapun selisih hasil pretest dan post-test di kelas eksperimen yaitu 24,19. Jadi, prestasi siswa untuk meningkatkan keterampilan berbicara di kelas VIII MTs Muallimin Muallimat Rembang cukup meningkat dengan nilai ttes > ttabel dengan sig 5% yaitu 5,856 > 2,03. Ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Sesungguhnya pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan metode Total Physical Response (TPR) itu efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Total Physical Response (TPR), Maharah Kalam, Madrasah Tsanawiyah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Mar 2021 02:25
Last Modified: 23 Mar 2021 02:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3701

Actions (login required)

View Item View Item