Fa'aliyyatu Istikhdaami Thoriiqoti As-Sam'iyyah Wasyafawiyyah (Audiolingul) Litarqiyatil Mahaarotil Kalaami Fii Halqotil Lughotil 'Arabiyyati ladaa Ath-Thoolibat fii Alfashli As-tsani minal Wustho Bil Madrasati Ad-Diniyyah "Darul Ulum" Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Ajaran 2019/2020 (pre-ekspeeimen)

Romandhoniyah, Usailatul Barokatir (2020) Fa'aliyyatu Istikhdaami Thoriiqoti As-Sam'iyyah Wasyafawiyyah (Audiolingul) Litarqiyatil Mahaarotil Kalaami Fii Halqotil Lughotil 'Arabiyyati ladaa Ath-Thoolibat fii Alfashli As-tsani minal Wustho Bil Madrasati Ad-Diniyyah "Darul Ulum" Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Ajaran 2019/2020 (pre-ekspeeimen). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1 cover-kata pengantar.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (941kB)
[img] Text
3 DAFRTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (8MB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (846kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (930kB)

Abstract

Bahasa Arab memuat empat keterampilan, salah satunya yaitu keterampilam berbicara. Upaya untuk mencapai keterampilan berbicara yaitu dengan diadakannya kegiatan Halaqah Bahasa Arab. Halaqah Bahasa Arab di Madrasah Diniyyah Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus memuat kegiatan-kegiatan yang terkait dengan penguasaan bahasa Arab yang terdiri dari kegiatan istima’ dan kalam. Penelitian ini bertujuan 1. untuk mengetahui proses pembelajaran kalam sebelum menggunakan metode “Audiolingual” dalam Halaqah Bahasa Arab Siswi Kelas II Wustho Madrasah Diniyah Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus, 2. untuk mengetahui proses pembelajaran kalam setelah menggunakan metode “Audiolingual” dalam Halaqah Bahasa Arab Siswi Kelas II Wustho Madrasah Diniyah Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus, 3. Untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode “Audiolingual” dalam Halaqah Bahasa Arab Siswi Kelas II Wustho Madrasah Diniyah Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian field-reseach. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif Pre-Eksperimental Designs dalam bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Sedangkan analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji t test. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswi kelas II Wustho Madarasah Diniyyah Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus. Cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan sampling jenuh. Dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 28 santri. Dari penelitian ini, dibuktikan bahwa peningkatan maharah kalam siswi dalam penggunaan metode “Audiolingual” di Halaqah bahasa Arab menunjukkan hasil yang baik, karena hasil rata-rata yang dicapai sebelum pengunaan metode “Audiolingual” mencapai nilai (68,53), sedangkan rata-rata yang dicapai setelah penggunaan metode “Audiolingual” mencapai (81,85). Sementara, dari nilai tes yang dihitung menggunakan rumus t tes mencapai nilai 13,92 yang artinya lebih tinggi dari nilai t tabel dengan taraf 5% yaitu 2,00, maka dapat dikatakan adanya peningkatan. Berarti hasilnya adalah penggunaan metode “Audiolingual” efektif dalam meningkatkan maharah kalam di Halaqah Bahasa Arab Siswi Kelas II Wustho Madrasah Diniyah Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode “Audiolingual”, Keterampilan Berbicara, Halaqah Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Jun 2021 02:59
Last Modified: 25 Jun 2021 02:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4513

Actions (login required)

View Item View Item