Hanif, Muhammad (2020) Ta'tsiru dzakai qira'atil qur'ani 'ala tarqiyyati maharatil qira'ati ladaa at thullabi fi madrasati "maslakul falah" al mutawassithati al islamiyyati at tabi'ati bi jam'iyyati nahdlatul ulamaa'i glagahwaru undaan kudus as sanah ad dirosiyyah 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover sampai kata pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. abstrak.pdf Download (842kB) |
|
Text
3. daftar isi.pdf Download (605kB) |
|
Text
4. bab I.pdf Download (819kB) |
|
Text
5. bab II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (707kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (776kB) |
Abstract
Kecerdasan membaca Al-Qur’an dan peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab merupakan dua hal yang saling berkaitan satu sama lain. Mengingat bahwa Al-Qur’an diturunkan menggunakan bahasa Arab, maka mempelajari Al-Qur’an sama halnya mempelajari bahasa Arab, salah satu dari mempelajari bahasa Arab yaitu dalam hal membaca Al-Qur’an dengan benar bagi siswa, yang mana diharapkan dapat meningkatkan penguasaan keterampilan bahasa Arab siswa khususnya keterampilan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui sejauh mana kecerdasan membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyyah Nahdhatul Ulama Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan membaca Al-Qur’an terhadap peningkatan maharoh Qiro’ah di Madrasah Tsanawiyyah Nahdhatul Ulama Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif yang mana data penelitian berupa angka-angka dan analisisnya menggunakan statistik, dengan jenis penelitian survey. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalui metode: Observasi, Angket, dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, dapat diketahui bahwa 1) Kecerdasan membaca Al-Qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyyah Nahdhatul Ulama Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus menunjukkan kategori yang “cukup baik” didukung dengan rata rata nilai statistik angket siswa mecapai 44,9 masuk dalam interval (43-48). 2) Dari hasil uji hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan membaca Al-Qur’an dengan peningkatan maharoh qiro’ah siswa di Madrasah Tsanawiyyah Nahdhatul Ulama Maslakul Falah Glagahwaru Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020 dinyatakan diterima. Hal ini terbukti dengan hasil angket yang diperoleh dengan nilai Fhitung123,156 > Ftabel dengan taraf kesalahan 0,05 = 4,16.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Membaca Al Qur’an, Maharoh Qiroah |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Jun 2021 07:37 |
Last Modified: | 25 Jun 2021 07:37 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4532 |
Actions (login required)
View Item |