Namudhaj ta’lim maharat alqira'at fii ta’lim allughat al’arabiyat bima’had turab al'aqdam lukidi kabumayn fii alsanat 2020 M

Baengatun, Siti (2020) Namudhaj ta’lim maharat alqira'at fii ta’lim allughat al’arabiyat bima’had turab al'aqdam lukidi kabumayn fii alsanat 2020 M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (722kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (989kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (667kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (919kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (806kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (625kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (725kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: )1) Untuk mengetahui model pembelajaran maharah qiro’ah di Pondok Pesantren Turob Al-Aqdam Logede Kebumen; (2) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan model pembelajaran maharah qiro’ah di Pondok Pesantren Turob Al-Aqdam Logede Kebumen; (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat model pembelajaran maharah qiro’ah di Pondok Pesantren Turob Al-Aqdam Logede Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan beberapa cara yakni perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, mengadakan member check, serta triangulasi. Teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran maharah qiro’ah di Pondok Pesantren Turob Al-Aqdam bertujuan untuk melatih keterampilan membaca santri dengan lancar dan cepat dan mampu memahami isi kitab Safinah an-Najh dengan menggunakan kaidah nahwu Mandzumah. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan empat kali pertemuan dalam satu hari dengan menggunakan tiga metode, yaitu metode hafalan berupa hafalan kaidah nahwu Mandzumah dan materi Safinah an-Najh, metode praktek berupa membaca kitab kothongan, latihan memberi harokat, dan men-tarkib kata dan kalimat yang ada dalam kitab Safinah an-Najh, serta metode muthola’ah, mengulang kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. (2) Kelebihan model pembelajaran maharah qiro’ah di Pondok Pesantren Turob Al-Aqdam antara lain yaitu: efektivitas waktu, kesesuaian metode dan kesesuaian materi dengan tujuan pembelajaran. Sedangkan kelemahannya berupa pembelajaran terpaku pada hafalan materi. (3) Faktor pendukung pembelajaran maharah qiro’ah berupa waktu pembelajaran yang tercukupi, ustadz berkompeten, motivasi belajar santri, ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran, serta lingkungan pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya berupa keadaan santri yang lelah dikarenakan padatnya jam pembelajaran serta banyaknya materi yang harus dihafalkan setiap hari menjadi suatu beban pikiran yang memberatkan santri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Maharah Qiro’ah, Mandzumah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Jul 2021 02:16
Last Modified: 06 Jul 2021 02:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4716

Actions (login required)

View Item View Item